Ini Dia! Lima Penyebab Rusaknya Bearing Roda Pada Mobil Off-Road

Bimo SS - Rabu, 10 November 2021 | 09:45 WIB
Kerusakan Bearing Di Mobil Off-Road
Rindra. P
Kerusakan Bearing Di Mobil Off-Road

Jip.co.id - Setidaknya ada lima penyebab kerusakan bearing roda pada jip off-road. Bukan saja akibat usia pakai, keausan material pada bearing roda mobil jip off-road bisa juga dari faktor lain.

Air bisa jadi biang keladi paling utama, air yang masuk ke bearing akan bercampur dengan grease atau gemuk.

Grease yang bercampur dengan air akan kehilangan daya lumas, membuat gesekan semakin besar dan timbul keausan. Padahal grease itu sendiri punya kontribusi besar pada kinerja bearing sebagai media pelumasan.

Kualitas grease yang buruk tentu akan membawa dampak buruk pula, grease yang jelek kualitasnya akan mencair atau berubah kekentalannya karena panas berlebih.

Penggunaan ban besar sudah lazim buat mobil jip off-road, untuk meningkatkan kemampuannya melibas medan.

Baca Juga: Keren Abis! Beres Restorasi, Jeep CJ-8 Ini Diberi Nama Roxanne

Sayangnya, besarnya ukuran ban diikuti pula dengan membengkaknya bobot. Hal ini membuat beban yang ditanggung bearing menjadi lebih besar dibanding dengan ban standar.

Suspensi yang rusak akan membuat roda menjadi miring, hal ini tentu akan mempengaruhi kinerja bearing. Ini adalah hal yang paling susah dihindari, sebab memang mobil jip off-road habitatnya di medan dengan permukaan tidak rata.

Saat melewati jalan rusak, gerak energi akan sangat fluktuatif, distribusi bobot kendaraan jadi tidak teratur. Hal tersebut membuat bearing mendapat tekanan yang sangat besar.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa