Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ternyata Enggak Susah Merawat Atap Softop Jip. Cuma Modal Rajin!

Bimo SS - Selasa, 23 November 2021 | 12:20 WIB
Rawat Kanvas Jip
Dok. JIP
Rawat Kanvas Jip

jip.co.id - Perawatan berkala dan kebersihan adalah kunci utama untuk menjaga keawetan atap lunak atau kanvas. “Berbeda dengan atap keras, untuk membersihkan atau mencuci kanvas dibutuhkan ketelitian dan harus rela meluangkan waktu,“ terang Yaya juragan Yaya Kanvas.

“Maklumlah, bahan kanvas baik dari bahan kain hingga terpal lebih sensitif terhadap debu maupun detegen, jadi nggak bisa sembarangan pakai sabun untuk mencucinya. Bahkan kanvas sekelas Bestop sekali pun,” tambah pengerajin kanvas di Kota Bandung ini.

“Jangan terlalu sering dijemur di bawah terik matahari langsung. Kondisi ini untuk menghindari bahan menjadi terlalu kering yang kemudian menyebabkan getas, begitu pula saat terkena air hujan, sebaiknya segera dibilas dan dikeringkan,“ tambah Yaya.

untuk membersihkan kanvas yang kotor terkena lumpur, sebaiknya diguyur air terlebih dahulu. Ini untuk meluluhkan kotoran atau lumpur yang menempel. Bilas beberapa kali hingga benar-benar bersih. Setelah kotoran luluh, baru kemudian kanvas dibersihkan dengan lap atau spons.

Baca Juga: Mau Lumpur Off-Road Gampang Rontok Dari Kolong Mobil. Pakai Trik Ini!

“Pilih bahan pencuci yang tergolong lembut dan mudah menghilangkan noda, terutama minyak,” sambungnya. Dewasa ini sudah banyak sampo maupun obat-obatan khusus yang ditawarkan untuk membersihkan kanvas. Namun kalau ingin alternatif yang lebih ekonomis, ada satu trik jitu yang bisa dipakai.

“Gunakan sabun cuci cair yang biasa dipakai untuk mencuci piring. Sabun yang handal mengenyahkan minyak ini bisa menjadi alternatif yang murah meriah,” terang W Adji Wibowo, seorang penggemar Jeep yang banyak menerapkan pada jip-jip kesayangannya.

“Jangan tunggu kotor baru dicuci, untuk hasil terbaik sebaiknya dilakukan secara teratur, harus rajin membersihkannya,” wanti pemilik berbagai tipe Jeep ini. ”Dengan demikian kanvas tidak lekas usang karena tidak terurus,” tutup Adji.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa