Ternyata Tren Overland Di Indonesia Awalnya Karena Klub Ini!

Bimo SS - Senin, 20 Desember 2021 | 11:15 WIB
Tren Overland Indonesia
Dok. JIP
Tren Overland Indonesia

Jip.co.id - Tren overland naik daun belakangan ini di Tanah Air, tetapi jauh sebelum fenomena ini terjadi ada satu klub jip yang boleh dibilang bertindak sebagai salah satu ‘influencer’ tren overland.

Yakni klub LRCI (Land Rover Club Indonesia) salah satunya.

Meskipun belum dapat dipastikan sebagai klub pertama pegiat overland, mereka telah mengawalinya sekitar tahun 2002 silam yang biasanya diikuti sebanyak 20-30 kendaraan.

Baca Juga: Upgrade Kampas Rem Untuk SUV Harian, Perhatikan Juga Hal Ini

“Saya nggak berani klaim siapa yang pertama overland di Indonesia tetapi kalau dulu pegiat jip lebih mengenal dengan istilah touring ketimbang overland. Kegiatan ini dimulai pada saat LRCI jaman periode Om Ncex Andiman yang kemudian menjadi agenda tahunan LRCI,” Ujar Fion Kamil, salah satu senior LRCI.

“Diantaranya touring keliling Pulau Jawa, Sumatera, dan Bali. Biasanya berlangsung antara 7-12 hari dan mengambil waktu liburan anak sekolah karena ini adalah touring keluarga.” Tambah Fion.

Ia mengatakan bahwa sebelum pelaksanaan dilakukan survei ke daerah tujuan, bisa berdasarkan budaya dan alam. Selain itu, diselingi dengan bakti sosial dimana sumber informasi daerah kunjungan hasil dari korespondensi komunitas jip setempat atau tim survei.

Spesifikasi kendaraan overland era 2000-an dan sekarang cukup berbeda, “Waktu awal turing dulu, yang penting 4x4-nya aktif karena walaupun yang dilewati bukan jalur ekstrim dan pada umumnya cross country, kami tetap memerlukan 4x4 tetapi beberapa sudah dilengkapi winch,” kenang Fion.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa