Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Off-Roader Wajib Perhatikan Ini, Jangan Sampai Sial Di Dalam Trek

Bimo SS - Senin, 27 Desember 2021 | 07:30 WIB
Plasma Rope
Bimo SS
Plasma Rope

Jip.co.id - Kesialan bisa terjadi kapan saja. Tidak menutup kemungkinan terjadi pada off-roader. Semisal putusnya tali plasma saat digunakan. Bisa jadi karena luput dari perawatan.

Plasma rope atau tali sintetis untuk mengganti sling baja pada winch terbuat dari beberapa material. Seperti polypropylene, nylon, polyster, polyethylene, aramid dan beberapa bahan lainnya ini memang memiliki banyak keuntungan.

Pastinya jika dibandingkan dengan sling baja, dari segi bobot pun sudah jauh lebih ringan. Selain itu, jika sampai putus, plasma rope bisa dengan mudah di anyam kembali.

Baca Juga: Hati-Hati! ECU Bisa Jebol Karena Pakai Part Palsu Ini di Mesin

Tapi jangan lupa, plasma rope juga mempunyai beberapa kelemahan. Beberapa kelemahannya bisa disebut sebagai berikut.

Yang pertama, tali plasma termasuk mahal untuk kualitas yang bagus. Dan tali plasma wajib dijaga kebersihannya. Harus segera dicuci setelah digunakan off-road apabila terdapat lumpur. Lumpur atau kotoran yang menempel biasanya memiliki sifat asam yang bisa merusak struktur plasma.

Tali plasma juga rentan terhadap matahari, tidak tahan apabila terlalu lama dijemur. Terlalu lama terpapar sinar matahari bisa mengakibatkan lapuk. Sebaiknya, tali plasma dilepas dari drum dan disimpan.

Baca Juga: Suzuki Jimny Ala Off-Roader Malaysia, Pakai Mesin Toyota Camry!

Tidak tahan panas juga kekurangan dari tali plasma, panas dari winch yang menjalar ke tali plasma bisa memperpendek umurnya, karena serat sintetik akan bereaksi terhadap panas pada suhu 150 derajat Fahrenheit, lalu akan kehilangan kekuatannya.

Buat yang masih menggunakan roller fairlead juga harus perhatikan kondisi rollernya. Jika roller sudah tidak presisi, resiko tali plasma terselip di celah antara roller kerap terjadi.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa