Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sosoknya Masih Toyota Hilux, Tapi Mesin Pakai Milik Jeep Cherokee

Bimo SS - Selasa, 4 Januari 2022 | 11:15 WIB
Toyota Hilux
Bimo SS
Toyota Hilux

Jip.co.id - Carolies WR sempat galau saat harus melirik beberapa kendaraan 4x4 lain setelah Toyota Land Cruiser FJ40 andalannya sedari lama akhirnya berpindah kepemilikan. Akhirnya, pilihan pun jatuh ke Toyota All New Hilux.

Begitu mendapatkan All New Hilux, Opa tidak basa-basi lagi dengan tunggangan barunya. Langsung dikirim ke FadWorks, salah satu builder off-road terkenal di Padalarang, Bandung.

Baca Juga: Modifikasi Jeep CJ-7 Buat Harian, Tapi Rasa Tunggangan Kompetisi

“Saya sudah percaya dengan pengerjaan bengkel milik Daniel Zebedeus ini. Soal konsep, desain dan hasil pengerjaan saya puas.” jelasnya, sebelumnya juga bikin FJ40 di FadWorks.

Mesin Toyota Hilux ini sudah diganti mesin kepunyaan Jeep cherokee
Bimo SS
Mesin Toyota Hilux ini sudah diganti mesin kepunyaan Jeep cherokee

Tidak seperti Toyota FJ40 yang belum banyak menggunakan high performance, tunggangan barunya kali ini, pakai racikan part heavy duty.

Tidak hanya suspensi, gardan pun sudah comotan dari Toyota VX80. “Kaki-kaki sekarang kekar, bahkan sampai link-arm pakai bahan super kuat, dengan bahan aluminium dari Kaiser Aluminum racikan bengkel ProRock Engineering,” ucap Opa Carolies.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah, Ternyata Suzuki Jimny Punya Dua Macam Timing Belt

Soal dimensi, Carolies masih terpaku dengan sosok FJ40. Menurutnya, wheelbase FJ40 ideal buat dipakai off-road. Wheelbase panjang Hilux pun harus disusutkan, “Kalau FJ40 itu punya panjang wheelbase 2.950 mm, sedangkan Hilux 3.085 mm. Sekalian pendekin bak, wheelbase juga ikutan pendek 8,5 centimeter,” terangnya.

Gardan Toyota Hilux ini sekarang memakai gardan comotan Land Cruiser VX80.
Bimo SS
Gardan Toyota Hilux ini sekarang memakai gardan comotan Land Cruiser VX80.

Dalam proses bangun Hilux, Opa memang banyak dapat saran dari rekan-rekan off-road. Salah satunya dari Yuma WK. “Waktu itu Yuma menyarankan ide gila, Hilux saya disuruh ganti mesin pakai Cherokee. Sempat ragu, tapi akhirnya tergiur juga,” cengirnya. Jadilah Toyota Hilux berjantung Jeep Cherokee, atau sebut saja Yotakee.

Selain papas bak belakang, wheelbase Toyota Hilux ini terpangkas sebanyak 8,5 cm.
Bimo SS
Selain papas bak belakang, wheelbase Toyota Hilux ini terpangkas sebanyak 8,5 cm.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa