Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Salah Satu Cara Untuk Merawat Tali Winch Supaya Awet

Nabiel Giebran El Rizani - Selasa, 25 Januari 2022 | 20:50 WIB
Rawat Tali Winch
kodjang
Rawat Tali Winch

Jip.co.id - Tips dari salah satu member komunitas Douoble Cabin Indonesia (DCab-ID) ini bisa dijadikan pedoman untuk para pemilik kendaraan 4x4 yang memiliki peranti winch.

Tips bersih-bersih ini pun bisa dilakukan saat santai dirumah dan tidak harus ke bengkel. Apalagi tali winch, bisa sling baja atau plasma, adalah perangkat penting yang pastinya harus dijaga kebersihannya supaya tidak menyusahkan saat sedang digunakan.

Berikut langkahnya yang di-share komunitas Double Cabin Indonesia (DCab-ID)

Baca Juga: Cara Mengetahui SUV Bekas yang Sudah Tidak Oke Lagi

  1. Tidak hanya perlu dicuci, karena bagian lumpur yang masuk ke sela-sela kabel sling atau plasma, akan sulit dibersihkan. Adrianto salah seorang member DCab-ID, memberikan tips untuk membersihkan winch. “Sebaiknya tali winch diulur sampai habis. Agar lumpur yang masuk di sela-sela sling bisa ikut terangkat,” ungkapnya.
  2. Setelah sling dikeluarkan seluruhnya dari drum winch. Langsung siram tali plasma atau kabel sling dengan air untuk menghilangkan lumpur atau kotoran yang menempel. Bila ada air bertekanan tinggi, akan lebih baik. Kalau pun tidak ada, dapat dibantu dengan menyikatnya. Hindari sikat berbahan kasar. Sikat perlahan saja.
  3. Untuk membersihkan lumpur yang membandel, cukup direndam dengan air hangat saja. Gosok perlahan tali plasma yang sudah terendam air hangat dengan tangan. Ulangi bila kotoran masih menempel.
  4. Setelah sling bersih dari kotoran, keringkan dengan cara dijemur di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.
  5. Setelah sling atau plasma bersih, jangan lupa juga agar motor winch dibersihkan, agar tidak ada lumpur yang mengering. Setelah selesai, jangan buru-buru untuk digulung.
  6. Lapisi sling dengan cairan penetran atau sejenis pelumas agar tidak karatan. “Mungkin bisa sling bisa dilapisi dengan WD40 agar tidak karatan,” tambahnya. Setelah sling dilapisi, gulung ulang. Tapi perlu diingat, jangan sembarangan saat menggulung sling. Lakukan dengan perlahan agar tumpukannya rapi dan tidak kusut.
  7. Setelah itu, “Baiknya bersihkan winch kurang dari 6 bulan sekali,” kata Dardi Kusumo, Alasannya, “Agar pada saat digunakan tali mudah diulur, tidak seret serta enggak mudah karatan, yang membuat kekuatan sling jadi menurun dan rusak,” tambahnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa