Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Berminat Meminang Daihatsu Taruna? Perhatikan Penyakit yang Sering Dialami

Nabiel Giebran El Rizani - Rabu, 26 Januari 2022 | 18:57 WIB
Daihatsu Taruna
Dok. Otomotif
Daihatsu Taruna

Jip.co.id - Daihatsu Taruna sudah discontinue pada tahun 2007 lalu.

Kita flashback lagi, Daihatsu Taruna awal diperkenalkan tahun 1999 oleh Daihatsu Astra Motor (ATPM Daihatsu Indonesia).

Dengan membawa varian C-series yang kemudian tahun 2001 menambah varian baru yaitu Taruna F-series dengan sasis lebih panjang.

Daihatsu Taruna merupakan SUV yang handal di segala medan namun tetap mempunyai bodi yang kompak, nah bagi Anda yang tertarik membeli bekasnya simak dulu penyakit si Taruna ini.

Perhatikan di sektor mesin, secara umum tak ada masalah berarti dengan mesin Taruna namun penggunaan material aluminium untuk blok mesin mesti waspada jika mobil pernah terserang overheat. Perhatikan betul sambungan blok dan kepala silinder.

Baca Juga: Perhatikan Kondisi Selang Ini di Mobil Anda, Biar Tidak Jadi Petaka!

Kemudian jok baris kedua, bisa jadi ini merupakan kelemahan Daihatsu Taruna F-series. Saat melaju kerap terdengar suara “kretekkretek”  pada jok baris kedua.

Hal ini disebabkan jok baris tengah hanya bertumpu pada satu titik. Untuk mengatasinya, ganjal tumpuan jok ini dengan bantalan karet.

Setelah itu cek bagian suspensi, selama pengguna sebelumnya menggunakan dalam batas normal, tak ada masalah berarti di bagian ini. Baik arm, ball joint dan bagian lain relatif masih berfungsi baik.

Jika pemilik sebelumnya kurang perawatan terhdap Taruna, sebaiknya Anda memeriksa kondisi karet-karet bushing untuk mengoptimalkan kinerja suspensi.

Dan terakhir gardan, suara gemuruh saat melaju menandai adanya masalah di gardan. Untuk itu, sebaiknya anda memeriksa gardan secara lebih seksama.

Bila gemuruh ini semakin keras, kemungkinan kerusakan terjadi pada gigi gardan.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa