Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Berminat Untuk Meminang Mercedes-Benz G-Class? Coba Perhatikan Hal Ini

Nabiel Giebran El Rizani - Rabu, 26 Januari 2022 | 20:30 WIB
Mercedes-Benz G-Class
Mercedes-Benz G-Class

Jip.co.id - Siapa pun pasti mengenali sosok jip bongsor buatan Jerman dengan desain boxy-nya yang sudah bertahan hingga puluhan dekade. 

Begitu timeless. Betul, dialah sang Gelandewagen atau Mercedes-Benz G-Class. Kualitas serta desainnya sebagai sebuah jip offroad dan kendaraan militer sudah teruji di berbagai belahan negara, termasuk Indonesia.

Tak heran jika G-Class kerap menjadi buruan para jip enthusiast, kolektor hingga para penggemar fanatiknya.

Selain itu, populasinya yang kini sangat terbatas, membuat nilainya semakin melambung tinggi. Maka dari itu, berburu G-Class bisa sangat tricky. Karena bagaimanapun juga, ketangguhannya akan termakan usia.

Baca Juga: Penyebab Kompresor AC Mobil Bunyi Berisik, Pemilik Wajib Tahu

Namun jangan khawatir, kali ini kami akan memberikan panduan dalam membeli dan memilih G-Class.

Silahkan ikuti tips yang akan kami berikan, untuk pengecekan kondisinya agar tidak salah beli. Monggo!

  1. Perhatikan interior

Interior orisinal menurut Pardi adalah keharusan, karena parts interior susah mencarinya dan mahal harganya. Misalnya saja jok asli, harganya bisa mencapai Rp 20 jutaan/piece untuk jok bagian tengah. Kalau jok bagian belakang Rp 5 jutaan/piece dan depan Rp 10 jutaan/piece. Untuk model short wheelbase, jok belakang Rp 25 jutaan/piece. Bahan kain motif kotak-kotak Rp 1,2 juta/meter dan perlu 12 meter untuk semua jok! 

  1. Bodi

Aksesoris bodi harus lengkap! Seperti list bodi, bumper, over fender, spion asli, dan lainnya jangan sampai ada yang hilang. Mau tahu contoh harganya? List bodi harganya Rp 15 juta/set untuk short dan long Rp 20 jutaan orisinal. Tuh!

  1. Mesin

Pengecekan mesin sama seperti mobil umum, jangan sampai ada yang meler atau overheat dan juga dengarkan jangan sampai ada suara aneh di mesin. Untuk tipe mesin, varian 280GE dan 300GE paling jadi favorit karena bandel. 

  1. Transmisi matik

Kalau yang Anda taksir bertransmisi matik, cek kondisi matiknya terlebih dulu. Perpindahan gear harus mulus dan tidak ada hentakan atau getaran, lalu cek juga jangan sampai ada kebocoran.

  1. Elektrikal

Elektrikal ini yang paling banyak dirubah, sebisa mungkin cari yang masih orisinal. Agar lebih yakin, ajak orang yang paham soal elektrikal ‘Jip Mercy’. Yang paling gampang jangan sampai terlihat kabel yang berantakan di ruang mesin atau bawah dasbor.

  1. Kaki-Kaki

Pengecekan kaki-kaki sama seperti mobil umum, jangan sampai ada bunyi-bunyian.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa