Pasang Towing Hook Di Gardan, Recovery Jadi Lebih Optimal

GBRN - Jumat, 28 Januari 2022 | 18:15 WIB
Tow Hook Off-road
Tow Hook Off-road

Jip.co.id - Winch sebagai salah satu alat recovery memang membuat kendaraan off-road semakin handal saat di trek off-road.

Namun teknik nge-winch juga wajib dikuasai oleh driver dan navigator agar proses recovery menjadi lebih mudah dan efisien. Salah satunya, menentukan titik winching pada jip.

Selain di bumper, juga terdapat beberapa titik winch pada bagian jip, salah satunya di gardan. Tujuannya, agar dapat membagi beban mobil saat ditarik winch.

“Jadi saat winching, tidak hanya bodinya saja yang ditarik, tapi suspensi juga ditarik. Jadi recovery-nya lebih mudah,” sahut M. Basri, offroader yang menggunakan Chevrolet Trooper ini.

Namun pemasangan tow hook pada gardan, lebih cocok diterapkan bagi jip yang menganut suspensi dengan menggunakan per keong atau shock coilover. Karena, “Kalau suspensi per keong, bodi dan suspensi lebih mudah ‘jatuh’ ke dalam lumpur, beda dengan per daun yang masih bisa nahan bodinya dengan konstruksi per daunnya itu, agar kaki enggak amblas makin ke dalam lumpur,” sahut Basri yang menerapkan sistem ini pada tunggangan Trooper-nya.

Baca Juga: Perlu Sokbreker Baru? Begini Cara Memilih yang Pas

Selain itu, tow hook pada gardan ini berguna ketika mobil terjebak di medan bentuk ‘V’ atau pas di mulut tanjakan.

Dengan menggunakan titik winching di gardan, maka tak hanya bodi saja yang ‘ditarik’, namun juga suspensi dan bannya. 

Posisi Tow Hook Off-road
Posisi Tow Hook Off-road
 

“Jadi kayak sepaket pas ditarik, dari bodi, suspensi sampai bannya di-recovery. Kalau hanya titik winching-nya di bumper, pas ditarik bodinya saja yang ketarik, tapi suspensi dan ban masih ketinggalan di lumpur atau obstacle,” tambahnya.

Selain itu, dengan tow hook di gardan, ketika mobil ditarik, maka gardan dan suspensi akan cenderung ‘ketarik’ ke atas. Sehingga membantu jip terangkat dari lumpur atau obstacle.
Pemasangan tow hook di gardan sendiri cukup mudah, karena membuat dudukan untuk tow hook atau shackle pada bagian depan gardan.

Baca Juga: Inspirasi Bagus Nih, Toyota Fortuner Lawas Berhasil Diubah Jadi Makin Gagah!

Setelah itu, baru dipasangkan sling yang diikatkan pada tow hook atau shackle-nya. Agar mudah saat diraih, sling tersebut juga diikatkan pada bagian atas bumper. “Di sangkutinnya di bagian atas bumper, bukan bagian bawah. Agar saat mobil kejeblos, sling tow hook-nya masih bisa diraih,” wanti Basri.

Selain lebih mudah, tak usah khawatir gardan atau suspense akan rusak lantaran gardan ‘lepas’ dari dudukannya, selama menggunakan teknik wincing double line. “Karena beban saat winching antara di bodi dan suspensi terbagi dua, sehingga lebih ringan,” pungkas Basri.


Editor : GBRN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa