Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Zat Aditif Bahan Bakar Bardahl Dibanderol Rp 90 Ribuan, Diklaim Bisa Dongkrak Nilai Oktan

GBRN,Wisnu Andebar - Senin, 4 April 2022 | 15:45 WIB
Zat aditif dari Bardahl
Bardahl Indonesia
Zat aditif dari Bardahl

Jip.co.id - PT Pelayanan Oli Spesialis (Bardahl Indonesia) menjual zat aditif Bahan Bakar Minyak (BBM), yang diklaim bisa untuk meningkatkan nilai oktan dan cetane.

Vice President Bardahl Indonesia, Pudjijarto Sutjipto, mengatakan zat aditif Bardahl mampu meningkatkan kadar oktan dan cetane dalam BBM hingga tiga poin.

"Sebagai contoh BBM dengan nilai oktan 90, kemudian ditambah dengan zat aditif dari Bardahl maka kualitas Research Octane Number (RON) akan meningkat menjadi 93," kata Pudjijarto.

Ia menjelaskan, Bardahl memiliki dua varian zat aditif BBM, yakni Bardahl Octane Booster untuk bensin yang dibanderol Rp 98.250 dan Bardahl DFC with Cetane untuk solar Rp 104.250.

Adapun cara penggunaan zat aditif tersebut cukup dituangkan ke dalam tangki BBM kendaraan, yang mana satu botolnya dapat dicampur hingga 60 liter BBM.

Lebih lanjut ia menambahkan, penggunaan BBM dengan oktan rendah memiliki dampak pada penurunan kinerja mesin kendaraan, emisi gas buang tinggi, dan suara mesin tidak halus (knocking).

Selain itu dalam waktu tertentu juga akan menurunkan performa kendaraan, bahkan dapat merusak mesin.

Baca Juga: Mobil Berbahan Bakar Pertamax Ganti Pertalite, Pikir-pikir Lagi Deh!

"Sedangkan penggunaan BBM oktan tinggi, selain bagus terhadap performa mesin juga turut berkontribusi dalam menurunkan emisi karbon dari kendaraan, seperti hidrokarbon, CO, dan NO2," pungkasnya.

Sebagai informasi, PT Pelayanan Oli Spesialis merupakan perwakilan resmi di Indonesia dari Bardahl Manufacturing Corporation Seattle WA USA.

Kemudian, Bardahl Indonesia menjadi bagian dari POSX Group yang sudah bergerak di bidang produksi dan distribusi pelumas dengan pengalaman lebih dari 20 tahun.

Bardahl Additives & Lubricants merupakan merek asal Amerika Serikat yang sudah berpengalaman lebih dari 80 tahun, yaitu sejak 1939.

Produk Bardahl juga menggunakan teknologi tinggi dengan standar militer dan menjadi mitra resmi tim balap internasional.

Editor : GBRN
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa