Sebelum Membeli Subaru Forester Bekas, Pastikan Mesin Enggak Ada Suara yang Aneh

GBRN,Muslimin Trisyuliono - Rabu, 25 Mei 2022 | 14:35 WIB
Subaru Forester generasi ketiga di bengkel BSS Motor
Muslim/GridOto.com
Subaru Forester generasi ketiga di bengkel BSS Motor

Jip.co.id - Buat Anda yang sedang mencari SUV bekas dengan harga terjangkau dan berpenggerak All-Whell Drive (AWD), Subaru Forester generasi ketiga bisa menjadi pilihan menarik.

Di pasaran, Forester generasi ketiga varian 2.0X yang menggunakan mesin DOHC Subaru Boxer 2.000 cc dibanderol mulai Rp 120 juta sampai Rp 150 jutaan tergantung kondisi unit.

Meski harganya sudah murah, ada baiknya sobat mengetahui tips beli dari bengkel spesialis.

Hal tersebut perlu sobat perhatikan agar tidak merugi karena mendapat kondisi yang kurang baik atau tidak sesuai harapan.

Menurut Virajayo, owner bengkel spesialis Subaru BSS Motor di Tambun, Bekasi, Jawa Barat, hal pertama yang harus diperhatikan adalah kondisi mesin.

Pria yang akrab disapa Vira mengatakan, cara termudah calon pembeli bisa meminta pemilik untuk tidak menghidupkan mesin terlebih dahulu sebelum cek unit.

"Jadi pas datang baru dihidupkan mesin, ini supaya kita bisa dengar pada saat mesin hidup ada suara aneh atau tidak," ujar Vira.

"Biasanya saat 30 detik awal dihidupkan kalau ada masalah langsung ketahuan ada suara aneh," sambungnya.

Vira menambahkan, langkah kedua calon pembeli bisa cek sistem transmisi matik dari Subaru Forester incaran.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Untuk Merawat Remote Keyless Entry Mobil

"Cara cek matiknya gampang masuk di D, injak rem, tarik rem tangan, dan injak gas. Itu RPM tidak akan lebih dari 2.200 maksimum 2.400, kalau lebih dari itu torsi konverternya sudah lemah," ucapnya.

Terlepas dari itu, sobat bisa melakukan tes jalan untuk mengetahui bagian kaki-kaki apakah ada bunyi, dan cek bagian sokbreker belakang masih layak dipakai atau tidak.

"Kalau sudah rusak cukup besar biayanya karena pakai SLS atau self leveling suspension. Jadi mobil mau dimuat berapa pun itu tidak akan turun. Ceknya kelihatan sokbreker basah atau tidak," jelas Vira.

Jika masih kurang yakin, sobat bisa mendatangi bengkel spesialis untuk melakukan pengecekan unit Subaru Forester incaran secara menyeluruh.

"Bisa pengecekan, di sini biayanya Rp 150 ribu meliputi pengecekan mesin, kaki-kaki dan pengereman, tapi dengan catatan tidak ada yang bongkar," pungkasnya.

BSS Motor: Jl. Sultan Hasanudin Km. 40,8 No. 168, Tambun, Bekasi, Jawa Barat

Telp: (021-8839-1462)


Editor : GBRN
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa