Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jeep Wrangler JK Unlimited, Tradisi yang Tak Pernah Berhenti dari Sang Jip Legendaris

GBRN - Jumat, 3 Juni 2022 | 18:30 WIB
Jeep Wrangler Sport Unlimited 2007
Dok.OTOMOTIF
Jeep Wrangler Sport Unlimited 2007

Jip.co.id - Kacang tak lupa pada kulit, tak hanya berlaku buat kehidupan sehari-hari. Prinsip dasar ini juga dipegang teguh produsen mobil, seperti Jeep yang tetap melempar varian 'jip sungguhan' Jeep Wrangler JK versi panjang alias versi Unlimited ini.

"Peminatnya banyak sekali,"terang Acong dan Robert, dari Glamour Autosport, Kebayoran, Jaksel, yang sudah melego sekitar 20 unit se harga Rp 775 juta(OTR) ini. 

Ada ciri khas sejak CJ dikeluarkan dan diteruskan tradisinya oleh YJ, TJ dan terakhir JK. Keluarga besar Jeep ini memang tak mau meninggalkan varian yang menegaskan mobil 'jip sungguhan', tetap menggunakan desain serba kotak, sasis tangga (body on frame) serta gardan rigid. 

Meski, soal performa maupun tingkat kenyamanan menuju progress lebih baik, tentunya. Seperti penggunaan per keong yang makin nyaman, sekaligus memberikan artikulasi lebih baik pada keempat roda, dimulai sejak TJ diluncurkan. juga desain dasbor lebih menyerupai SUV luks, ketimbang panel instrumen kaku yang (untungnya) berhenti hingga model YJ. 

Jeep Wrangler Sport Unlimited 2007
Dok.OTOMOTIF
Jeep Wrangler Sport Unlimited 2007

Tetapi ada hal yang masih disisakan dari generasi ke genarasi, seperti dirasakan OTOMOTIF saat duduk belakang kemudi JK versi melar itu. Posisi duduk tetaplah tak jauh berbeda, meski terasa sedikit lebih nyaman, tak jauh berubah dibandingkan 'zaman' CJ-7 misalnya.

Kaki tetap tertekuk, dengan ruang tak terlalu lega, berbatas tudung transmisi (transmission tunnel) dan pintu. Untungnya desain panel instrumen dan kisi-kisi AC sudah 'lebih manusiawi' layaknya desain pada sedan. 

Tetapi, kesan zaman lama itu sirna ketika mesin dinyalakan. Putaran mesin terdengar halus, meski tetap menyiratkan tenaga besar, ketika suaranya keluar dari knalpot, seketika pedal gas ditekan.

Baca Juga: Pulang Off-Road Jangan Malas Cuci Winch Supaya Awet, Begini Caranya!

Transmisi Jeep Wrangler Sport Unlimited 2007
Dok.OTOMOTIF
Transmisi Jeep Wrangler Sport Unlimited 2007

Editor : GBRN
Sumber : Tabloid OTOMOTIF

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa