Konsumsi BBM Toyota Fortuner Generasi Pertama Mesin 2.700 cc dengan Penggerak 4x4, Sahabat Pom Bensin!

GBRN - Kamis, 23 Juni 2022 | 17:50 WIB
Ilustrasi Toyota Fortuner
Dok. OTOMOTIF
Ilustrasi Toyota Fortuner

Jip.co.id - Toyota Fortuner generasi pertama hadir di Tanah Air mulai 2005 ini, memiliki varian penggerak roda 4x2 hingga 4x4 yang beroperasi dengan transmisi manual 5 percepatan atau matic 4 percepatan.

Namun dengan bodi gambot dan kubikasi mesin yang cukup besar, konsumsi BBM Toyota Fortuner bensin dinilai kurang ramah kantung.

"Kalau mesin 2.700 cc bensin biasanya sih BBMnya boros, makanya varian mesin diesel yang dulu 2.500 cc atau 2.400 cc seperti Fortuner diesel generasi sekarang lebih diminati," ujar Herry dari bengkel Toyota Sejati Motor di Pusat Aksesoris dan Spare Part Mall Blok M di Jakarta Selatan.

Ia menilai, rival Mitsubishi Pajero Sport bermesin bensin tergolong boros baik dalam pemakaian dalam kota maupun rute luar kota.

 

"Sebenarnya borosnya BBM itu juga bisa dari faktor gaya mengemudi juga. Tapi kalau saya biasanya bisa 1 liter bensin banding 8 km (kilometer) buat dalam kota," ucap Herry.

Baca Juga: Toyota Fortuner Makin Garang, Pakai Knalpot HKS Plus Kaki-kaki Jenjang

Fortuner 4WD 2008
Dok.Otomotif
Fortuner 4WD 2008

Tapi kalau untuk perjalanan luar kota, konsumsi BBM Fortuner menurutnya bisa 1 banding 10 km lah.

Sementara itu pada 2008, tim Auto Bild Indonesia pernah menjajal unit baru Toyota Fortuner tipe V 4x4 bensin di jalan tol hingga tanjakan terjal serta turunan dengan bebatuan.

Hasilnya, konsumsi bensin SUV 7 seater ini yaitu 7,2 km/liter di rute dalam kota dan 9,4 km/liter di rute tol.

Selain itu dalam pengetesan tersebut, Fortuner memiliki pembatas kecepatan karena ia lebih diperuntukkan di medan non-aspal.

Jadi lewat sensor di Electronic Control Unit (ECU), kecepatan tertinggi dibatasi hanya mencapai 160 km/jam meskipun mesin bensin 2.700 cc-nya dapat berlari lebih kencang dari kecepatan tersebut.


Editor : GBRN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa