Sobat JIP Perlu Tau Nih, Ternyata Ada Jeep Willys Dengan Merk Ford

Bimo SS - Kamis, 30 Juni 2022 | 18:20 WIB
Jeep Ford GPW
Dok. JIP
Jeep Ford GPW

Jip.co.id - Singkat cerita, pada masa itu Willys Overland (WO) selaku pemegang tender untuk pengadaan kendaraan militer ringan serbaguna pesanan pemerintah Amerika harus rela membagi ‘potongan kue’nya.

Untuk mengejar jumlah unit yang dibutuhkan, WO pun menggandeng Ford Motor Company (FMC). Padahal awalnya FMC merupakan rival dari WO.

Dari WO, lahirlah Willys MB, yan merupakan kepanjangan dari Military, dan B merupakan kode yang diperkenalkan model sebelumnya, yaitu Military A (MA).

Sedangkan dari FMC diperkenalkan sebagai Ford GPW. Kepanjangan dari G untuk Government, P kepanjangan dariPygmy, yang merupakan kode Ford untuk kendaraan dengan wheelbase 80 inci, dan W untuk Willys.

Antara Willys MB dan Ford GPW memiliki dimensi yang mirip, sehingga bisa saling bertukar sparepart. Untuk mesin, GPW memakai mesin Ford, dan Willys MB menggunakan mesin L-Head Go Devil.

Dimensi dan kapasitas antara kedua mesin memang identik, tetapi mesin Ford memiliki output 65 hp, sedangkan Willys MB lebih besar 5 hp.

Pihak FMC juga memberikan masukan kepada WO untuk merubah grill dari bahan pelat yang di press untuk mereduksi bobot. Sehingga mulai tahun 1942, baik Willys maupun Ford memiliki wajah dengan 9 lubang angina yang sama.

Perang usai, rampung juga kerjasama antara WO dan FMC. Sepanjang era kerjasama, konon Willys telah membuat unit sebanyak 359.489 unit MB. Sedangkan Ford mencetak 277.896 unit GPW.

Willys tetap mengembangkan produknya, seperti peruntukan sipil dengan CJ2, CJ3 dan keturunannya. Sedangkan Ford tidak melanjutkan silsilah GPW, Ford baru memperkenalkan 4x4 lagi setelah dua dasawarsa kemudian dengan hadirnya Ford Bronco pada tahun 1966.

Baca Juga: Suasana Hangat ILRU 5 2022 Diselimuti Kabut Lebat dan Udara Dingin


Editor : GBRN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa