Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tips Supaya Listrik Jip Dan SUV Gak Tekor Saat Off-Road

GBRN - Rabu, 6 Juli 2022 | 17:30 WIB
Kelistrikan Mobil Off-Road
JJO
Kelistrikan Mobil Off-Road

Jip.co.id - Dikarenakan jip atau SUV yang dipakai off-road dibekali banyak peralatan yang membutuhkan daya listrik besar. Pastinya harus memiliki suplai listrik yang besar juga.

Jip atau SUV buat off-road pasti dibekali winch, lampu sorot, inverter, hingga coolbox. Semua peralatan yang ada di jip atau SUV buat off-road menggunakan listrik yang dihasilkan alternator.

Untuk itu butuh suplai listrik yang optimal alias listrik yang diperlukan bisa digunakan secara maksimal. Tidak cuma alternator saja yang diganti lebih besar.

Perhatikan juga suplai alternator, apa arus yang diberikan bisa maksimal saat baterai aki membutuhkan listrik lebih? Perbanyak juga tampungan listrik atau aki/baterai.

Pertama yang harus diperhatikan saat memilih aki kapasitas ampere-hour (Ah). Paling tidak aki harus memiliki kapasitas diatas 75 Ah.

Untuk kendaraan off-road, Ah besar ini berfungsi untuk memaksimalkan kinerja inverter. Jadi inverter tetap berfungsi, walau harus menghidupkan alat berlistrik besar, seperti las listrik atau gerinda saat butuh perbaikan.

Baca Juga: Rata-rata Usia Pakai Aki di SUV Atau Jip Anda, Wajib Tahu Nih!

Untuk winch, perhatikan ukuran Cold Cranking Amperes (CCA) atau Hot Cranking Amperes (HCA). Motor winch membutuhkan arus listrik yang cepat dan stabil, semakin banyak CCA atau HCA pada aki, motor winch pun dapat kerja secara maksimal.

Sebaiknya, aki yang digunakan paling tidak memiliki cranking amperes lebih dari 800 CCA. Memperbanyak tampungan listrik tentu menambah jumlah aki.

Tidak heran kalau kendaraan off-road paling tidak memiliki dua aki. Namun, jangan memasang dua aki dijadikan satu atau dibuat seri. Pasalnya, bila alternator kecil, listrik yang diberikan pada dua aki malah tidak maksimal.

Editor : GBRN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa