Mau Upgrade Kampas Rem Untuk SUV Harian, Perhatikan Hal Ini

GBRN - Senin, 25 Juli 2022 | 14:25 WIB
Ganti Brake Pad
Bimo SS
Ganti Brake Pad

Jip.co.id - Makin maraknya tren SUV kencang bermesin diesel, tentunya jangan sampai melupakan safety. Salah satunya dengan cara meningkatkan performa rem mobil. 

Selain upgrade dengan big brake kit (BBK), bisa juga hanya sekedar mengganti kampas rem (brake pads) standar.

Namun, saat mengganti kampas rem standar dengan produk aftermarket, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan.

Pertama, pemilihan material yang tepat dapat membuat kinerja rem semakin baik. Keramik, karbon dan kevlar merupakan kandungan kampas rem yang lebih baik dari kampas rem standar.

Kedua, jangan pernah pakai kampas rem kompetisi (balap) untuk mobil yang dipakai harian. Dikarenakan kampas rem kompetisi memiliki suhu kerja yang berbeda dengan kampas rem mobil harian.

 

Umumnya kampas rem kompetisi memiliki suhu kerja yang lebih tinggi dibanding kampas rem mobil harian. Suhu kerja kampas rem kompetisi 100-500° C. Sedangkan kampas mobil harian di kisaran -18°-150° C.

Baca Juga: Buat yang Masih Bingung, Penyebab Piringan Rem Cakram Muncul Karat

Bila Sobat JIP memakai kampas rem kompetisi di mobil harian, maka mobil akan sulit berhenti terutama saat kondisi sistem rem masih dingin.

Ketiga, faktor penting lainnya adalah koefisien gesek kampas rem. Semakin tinggi koefisien gesek, maka rem akan semakin pakem.

Untuk itulah, pilihlah yang sedang-sedang saja. Sedikit lebih baik dari kampas rem standar. Biasanya, semakin pakem kampas rem, akan cepat merusak cakram rem di kendaraan.


Editor : GBRN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa