Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tiba-Tiba Jip Berasa Sempoyongan Di Jalan? Langsung Cek Bagian Ini

Bimo SS - Minggu, 31 Juli 2022 | 13:10 WIB
Cek Tierod dan balljoint
Dok. JIP
Cek Tierod dan balljoint

Jip.co.id - Fungsi tie rod adalah meneruskan daya belok dari kemudi ke roda, sedangkan balljoint fungsinya sebagai sumbu untuk mengubah arah dari sudut roda.

Pastinya jika kedua part ini bermasalah, tentu akan menimbulkan efek yang membahayakan.

Dimulai dari munculnya bunyi-bunyian ketika melewati jalan rusak hingga yang terparah mobil sulit dikendalikan seperti sempoyongan.

Sebenarnya ada cara simpel untuk mengetahui kondisi tie rod ataupun ball joint, masih layak pakai atau tidak. Cukup dongkrak ban depan, lalu goyang-goyangkan.

Untuk mengecek kondisi ball joint goyangkan ban dengan posisi tangan di atas dan di bawah, untuk tie rod cukup goyangkan dengan posisi tangan di kiri dan di kanan. Jika dirasakan ada celah, besar kemungkinan part tersebut sudah saatnya diganti.

“Jangan lupa perhatikan kondisi karet penutup joint-joint tersebut jika didapati sudah robek, walaupun kondisi belum oblak dapat dipastikan umur pakainya tak bakal lama. Karena debu bakal menyelinap dan gemuk akan mengering. Ujar Jonno, pemilik bengkel Janitra di daerah Lebak Bulus.

Saat harus mengganti tie rod atau balljoint, beberapa merek SUV atau 4x4 terkadang ada yang harus inden ataupun part asli harganya lumayan mahal. Opsi rekondisi bisa jadi salah satu jalan keluarnya.

“Prosesnya cukup simpel, ball joint atau tie rod dibongkar dulu. Lalu bantalan untuk bola besi diganti dengan bahan polioksi metilena (POM).

Kelebihan bahan ini selain tahan panas, juga punya ketahanan friksi yang baik, deformasinya pun rendah ketika diberi beban dan diberi grease tahan panas,” perinci Jonno.

Baca Juga: Pasang Towing Hook Di Gardan, Recovery Jadi Lebih Optimal

 

Editor : GBRN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa