Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tampilan Luar Masih Suzuki Jimny, Dapur Pacu Dipasangi Punya Cherokee

Bimo SS - Minggu, 31 Juli 2022 | 20:35 WIB
Suzuki Jimny Mesin Cherokee
Dok. JIP
Suzuki Jimny Mesin Cherokee

Jip.co.id - Menurut Yohanes Suwarno, mesin 1000cc bawaan Jimny keluaran 1985 dirasa jauh dari cukup, sementara pemilik ingin yang memiliki tenaga dan torsi besar.

Latar belakang menggunakan mesin besar di masa lalu sepertinya mempengaruhi keputusannya dalam mengganti dapur mesin Jimny kesayangannya. Ide gila pun muncul dengan menghadirkan mesin 6 silinder inline dari Cherokee.

“Memasukkan mesin 4.0 liter 6 silinder terdengar cukup liar, namun sepertinya bakalan sesuai dengan harapan saya, untuk mendapatkan kendaraan ringan dengan mesin perkasa,” kekehnya.

Gardan bawaan Jimny ditukar gardan Toyota Land Cruiser Prado
Dok. JIP
Gardan bawaan Jimny ditukar gardan Toyota Land Cruiser Prado

Karena ruang mesin tidak muat, maka firewall pun akhirnya dicoak seolah 2 silinder dari mesin ambles ke dalam kabin. Tidak ada rekayasa khusus pada mesin 4.000 cc itu, karena performanya sudah lebih dari mencukupi.

Dengan posisi mesin Powertech 242 cu.in 4.0 liter 6 silinder inline OEM XJ Cherokee menjorok, maka otomatis girboks 3 speed milik FJ40 pun ikut berganti posisinya dan nampak lebih mundur.

Gardan Toyota Land Cruiser Prado depan maupun belakang dengan serta merta menyingkirkan gardan orisinal Jimny yang kurus dan imut.

Posisi mesin Powertech 242 cu.in 4.0 liter 6 silinder inline OEM XJ Cherokee menjorok, menggantikan mesin bawaan Suzuki Jimny.
Dok. JIP
Posisi mesin Powertech 242 cu.in 4.0 liter 6 silinder inline OEM XJ Cherokee menjorok, menggantikan mesin bawaan Suzuki Jimny.

Tidak dibiarkan standar, gardan ditambahi ARB Air Locker untuk bagian depan dan Detroit Locker dibelakang. As roda memakai chromoly keluaran Nitro dan final gir memakai 4.88:1.

King Shock koil overshock dipercayakan untuk mengawal kaki-kaki depan maupun belakang. Dengan spesifikasi suspensi yang baru ini, jip ini memiliki bantingan yang lebih lembut dan juga travel suspensi yang lebih panjang.

Winch M8274 M-50 dipercayakan nangkring di bagian depan, sedangkan bagian belakang menjadi tempat bercokolnya winch M8000.

King Shock koil overshock dipasang mengganti suspensi bawaan Suzuki Jimny.  Travel suspensi jadi lebih panjang.
Dok. JIP
King Shock koil overshock dipasang mengganti suspensi bawaan Suzuki Jimny. Travel suspensi jadi lebih panjang.

Terdorong untuk meletakkan aspek fungsi, maka pemasangan ban Simex Extreme Trekker ukuran 35 inci ini mengorbankan wajah jip ini. Supaya tidak mentok, maka hampir setengah dari wajahnya pun harus rela dipotong.

Baca Juga: Pelek Besi OEM Istimewa, Tampang Biasa, Kekuatan Lebih Baik

Editor : GBRN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa