Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ternyata Per Daun Juga Perlu Dirawat Supaya Kinerja Tetap Maksimal

GBRN - Jumat, 16 Desember 2022 | 10:40 WIB
Per daun Daihatsu Taft GT ini mengandalkan keluaran Old Man Emu tipe heavy duty untuk Land Cruiser FJ60.
Dok. JIP
Per daun Daihatsu Taft GT ini mengandalkan keluaran Old Man Emu tipe heavy duty untuk Land Cruiser FJ60.

Jip.co.id - Konstruksi dari sistem suspensi yang mengandalkan lembaran besi ini telah terbukti ketahanan dan kekuatannya.

Tak mengherankan jika suspensi yang disebut juga semi elliptical spring ini masih eksis hingga sekarang, terutama pada kendaraan angkut berat.

Tapi bukan berarti bebas dari perawatan, Sistem per daun ini bekerja dengan mengandalkan kelenturan dari setiap lembar pernya.

Namun perlu diperhatikan, sistem yang dipergunakan tidak melulu dipengaruhi oleh kelenturan per. Namun kondisi bushing juga sangat dominan mempengaruhi kenyamanan.

Asas kerja yang dianut per daun ini hampir seperti engsel, semakin licin bushingnya, maka semakin lembut suspensinya, dan kebersihan per pun harus terjaga.

Baca Juga: Tiga Bagian Ban Mobil Ini Wajib Diperhatikan Ketika Masuk Musim Hujan

Kondisi yang bersih meminimalkan friksi (gesekan) antar per. Semakin kecil gesekan pada per, semakin lembut susunan per daun tersebut.

Bentuk perawatan unit per daun bisa dengan cara membongkar seluruh kesatuan per, bersihkan dengan sikat kawat dan dilabur ulang dengan cat untuk mencegah timbulnya karat.

Periksa bagian bushing, apabila sudah pecah, peyang, dan tidak presisi lagi, segera ganti baru. Beberapa jenis kendaraan ada yang menggunakan penganjal antar lembaran per untuk meredam bunyi gesekan, ganti segera jika kondisinya sudah jelek dan koyak.

Sebelum merakit kembali, jangan lupa untuk memberi grease pelumas dibagian 'gulungan' per dan as anting per sebelum memasang bushing.

Editor : GBRN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa