Modifikasi, Land Rover Series I. Kompak!

Senin, 31 Juli 2017 | 21:26 WIB

JIP - Ada banyak faktor seseorang tertarik pada kendaraan jip. Bisa karena tertarik bentuknya, rasa penasaran, fungsinya, bahkan kenangan manis semasa kecil.

Beberapa alasan tersebut dialami oleh pria asal Wonogiri ini. Banyak dari kita yang mengetahui pada masa kekuasan zaman Soekarno, jip banyak digunakan sebagai armada pemerintahan sampai militer.

"Teringat waktu saya masih kecil, kendaraan operasional yang banyak digunakan para pejabat pemerintahan adalah Willys dan Land Rover, kendaraan buatan Jepang belum banyak masuk ke Indonesia.

Dan kebetulan bapak saya pernah pakai Landy sebagai mobil dinas. Kenangan itu masih melekat sampai sekarang," cetus pria kelahiran 1947.

Owner Land Rover Series I

Faktor kedua yang menyebabkan pria paruh baya ini memutuskan untuk membeli sebuah Land Rover karena fungsinya. Hobinya suka mengoleksi motor tua, sehingga butuh kendaraan angkut yang tahan banting.

"Landy pertama saya dulu Stage One, saya pakai buat angkut BSA. Sejak itu saya ketagihan sama Land Rover," sapa Dokter Irawan.

Tahun 2011, Dokter Irawan membeli lagi sebuah Seri I. "Saya dapat info langsung dari pemiliknya, posisi barang di Wonogiri langsung saya samperin," cetus Dokter Irawan yang juga tinggal di Wonogiri.

Mesin dalam kondisi prima, meski tak menggunakan ring piston asli. Sang pemilik mengaku kesulitan mencari suku cadang original.
Sayangnya lampu Lucas yang menjadi ciri khas Land Rover sudah tak ada. Hella H4 menjadi gantinya karena dirasa lebih terang namun tetap terlihat klasik.

"Kondisinya cukup parah, bodi belakang penyok namun mesin masih bagus karena pemilik sebelumnya kemungkinan memperlakukan mobilnya dengan baik, tak pernah terlambat ganti oli.

Dan yang terpenting, suratnya komplet," imbuhnya. Urusan bodi tampaknya banyak yang harus dikerjakan karena tak terawat kena hujan dan panas.

Tidak ada masalah dengan gardan dengan model Rover Type. Tambahan powersteering milik VX menjadi pilihan karena posisi letaknya cocok dengan Seri I dan bisa rapi.
Selain enteng, harganya pun terjangkau. Dengan konsep harian, diskbrake dipasangkan mengingat rem tromol Landy untuk lalu lintas jaman sekarang yang makin padat tak rekomendasikan digunakan.

Terlepas dari semua itu, dukungan keluarga menjadi faktor utama dalam menjalani hidup.