Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Utilitas, Fog Lamp. Lampu Rear Fog Lamp

Senin, 31 Juli 2017 | 20:41 WIB
No caption
No credit
No caption

JIP - Negara dengan 4 musim memiliki permasalahan yang lebih kompleks, terutama pada kondisi cuacanya.

Kabut tebal tentunya akan memperburuk jarak pandang, tidak hanya di bagian depan kendaraan, namun juga bagian belakang.

Khusus untuk bagian belakang inilah, muncul regulasi untuk memasangkan lampu tambahan yang kemudian dikenal dengan rear fog lamp atau rear fog light.

Lampu tambahan ini mendukung kinerja lampu belakang (tail light) sebagai penanda. Dengan demikian kendaraan semakin bisa ditengarai oleh pengemudi di belakang.

Di Eropa, kendaraan roda 4 atau lebih khususnya Inggris, Jerman dan negara Skandinavia biasanya dilengkapi lampu tambahan ini sebagai piranti standar.

Sementara di Indonesia, sejauh ini belum ada regulasi yang mengatur tentang hal tersebut, namun beberapa kendaraan SUV seperti X-Trail, Cherokee, Grand Cherokee, KIA Sportage dan banyak lainnya telah dilengkapi lampu ini.

No caption
No credit
No caption
Lampu dengan lensa merah atau nyala merah dapat dipergunakan sebagai rear fog lamp. Perlu diiingat bahwa pancaran sinarnya di rentang 150 hingga 300 candela. Gampangnya, sinarnya harus setara dengan lampu rem.

Tak jarang karena ketidaktahuan, pengemudi di Indonesia justru melakukan kesalahan dengan menyalakan lampu hazard pada saat hujan turun.

Kondisi ini sangat berbahaya, karena kendaraaan yang ada di belakangnya tidak akan tahu arah kendaraan akan ke kanan atau pun kiri, sebab lampu sein lumpuh lantaran lampu hazard aktif.

Selain itu cahaya yang terputus-putus dari lampu hazard akan menyebabkan mata lelah dan hilang konsentrasi dalam waktu relatif singkat.

Tidak ada salahnya jika kita menambahkan satu regulasi tambahan saat mengemudi di waktu hujan lebat.

Editor : inne

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa