Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Transmisi Pintar SUV Yang Bikin Pengemudi Handal Di Trek Offroad

Rabu, 2 Agustus 2017 | 12:58 WIB
No caption
No credit
No caption

JIP - Setelah mengembangkan transmisi 9 percepatan buat meningkatkan performa SUV nya, Land Rover mempelopori pembuatan Dual Clutch Transmision (Transmisi ‘pintar’ kopling ganda) 8 percepatan untuk jajaran SUV Land Rover generasi mendatang.

DCT selama ini populer sebagai teknologi transmisi pintar untuk sedan sport sekelas Porsche 911, Audi R8 atau Ferrari dan Lamborghini.

Pada prinsipnya DCT memiliki dua kopling dalam satu transmisi. Satu kopling membantu mengaktifkan gigi genap sementara yang satu lagi untuk gigi ganjil.

No caption
No credit
No caption
Transmisi Pintar SUV

Ketika pengemudi memakai gigi satu misalnya, kopling yang menggerakkan gigi dua sudah bekerja ‘menyiapkan’ gigi dua, sehingga saat dilakukan perpindahan gigi (ke gigi 2), prosesnya jauh lebih cepat.

DCT juga memiliki kelebihan dibanding girboks konvensional, karena bisa mengakomodir perbandingan gigi (jumlah gigi) lebih banyak.

Saat ini VW sebagai pionir DCT sedang mengembangkan DCT 10 percepatan.

Beberapa kelebihan DCT baru ini buat offroad antara lain.

            1. Dinamai POLAR 3, desain girboks baru ini lebih efisien sehingga mampu mengakomodir perbandingan gigi lebih banyak dibanding girboks konvensional.

Land Rover mengklaim DCT baru ini punya sekitar 10 tingkat percepatan dengan 17 perbandingan gigi. Mulai gigi satu super low sampai gigi 8 high gear.

Teknologi transmisi pintar ini membuat SUV Land Rover yang baru nanti punya perlengkapan lebih andal untuk menghadapi medan berat.

Editor : inne

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa