Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rawat Winch Agar Selalu Optimal

Indra Aditya - Kamis, 21 Desember 2017 | 16:58 WIB
Setelah dipakai, winch pasti dalam keadaan kotor
Setelah dipakai, winch pasti dalam keadaan kotor

JIP.CO.ID - Setiap gathering yang selalu diisi kegiatan ‘bermain’ lumpur, memaksa komunitas ini agar rajin membersihkan double cabin berikut peranti recovery-nya.

Terutama mengenai perawatan karena lumpur yang melekat pada sekujur bodi mobil.

Apalagi yang sudah mendress-up tampilan, dengan penambahan winch sebagai alat recovery ketika mobil terjebak dalam kubangan lumpur.

(BACA JUGA: Pasang Turbo Sadis Ini, Tenaga Bisa Mencapai 600 Hp)

Jangan biarkan winch kotor seperti ini
Jangan biarkan winch kotor seperti ini

Berikut tips membersihkan winch ala komunitas Double Cabin Indonesia (DCab-ID)

  1. Tidak hanya perlu dicuci, karena bagian lumpur yang masuk ke sela-sela kabel sling atau plasma, akan sulit dibersihkan. “Sebaiknya winch diulur sampai mentok. Agar lumpur yang masuk di sela-sela sling bisa ikut terangkat,” ungkap Adrianto anggota DCab-ID.
  2. Setelah sling dikeluarkan seluruhnya dari drum winch. Langsung siram tali plasma atau kabel sling dengan air untuk menghilangkan lumpur atau kotoran yang menempel. Bila ada air bertekanan tinggi, akan lebih baik. Kalau pun tidak ada, dapat dibantu dengan menyikatnya. Hindari sikat berbahan kasar. Sikat perlahan saja.
  3. Untuk membersihkan lumpur yang membandel, cukup direndam dengan air hangat saja. Gosok perlahan tali plasma yang sudah terendam air hangat dengan tangan. Ulangi bila kotoran masih menempel.
  4. Setelah sling bersih dari kotoran, keringkan dengan cara dijemur di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.
  5. Setelah sling atau plasma bersih, jangan lupa juga agar dynamo atau motor winch dibersihkan, agar tidak ada lumpur yang mengering. Setelah selesai, jangan buru-buru untuk digulung.
  6. Lapisi sling dengan cairan penetran atau sejenis pelumas agar tidak karatan. “Mungkin bisa sling bisa dilapisi dengan WD40 agar tidak karatan,” tambahnya. Setelah sling dilapisi, gulung ulang. Tapi perlu diingat, jangan sembarangan saat menggulung sling. Lakukan dengan perlahan agar tumpukannya rapi. Bila tidak, selain sling bisa kusut, tampilannya tidak enak dipandang.

(BACA JUGA: Modifikasi Minimalis Jadi Utilitarian Modis)

Setelah itu, “Baiknya bersihkan winch kurang dari 6 bulan sekali,” kata Dardi Kusumo, sekretaris D-Cab ID.

Alasannya, “Agar pada saat digunakan tali mudah diulur, tidak seret serta enggak mudah karatan, yang membuat kekuatan sling jadi menurun dan rusak,” tambahnya.

Selain bersih, winch jadi bisa bekerja secara optimal
Selain bersih, winch jadi bisa bekerja secara optimal

Editor : Indra Aditya

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa