Ini Dia Salah Satu Mobil Favorit Pada Perang Di Dunia Ketiga

Nabiel Giebran El Rizani - Selasa, 4 September 2018 | 19:15 WIB
Toyota Hilux generasi keempat (RN45)
Toyota Hilux generasi keempat (RN45)

Jip.co.id - Toyota Hilux ternyata dibuat bukan hanya untuk bisa ahli di medan off-road akan tetapi juga untuk digunakan pada medan perang.

Salah satu bukti dari keperkasaan Toyota Hilux di medan perang yaitu terlibatnya kendaraan ini pada fase terakhir perang antara Libya dengan Chad pada tahun 1987.

Toyota Hilux merupakan salah satu kendaraan perang tentara Chad.

Kendaraan lain yang dipakai tentara Chad adalah Toyota Land Cruiser versi pikap.

Tak heran fase terakhir konflik Chad vs Libya ini sampai-sampai dijuluki "Toyota War".

 

(BACA JUGA: Mencari Barang Untuk Restorasi Toyota FJ40)

Menurut medium.com, ada sekitar 400 Toyota Hilux produksi tahun 1987 bantuan dari Prancis yang dipakai tentara Chad melawan Libya.

Toyota Hilux ini dipakai untuk mengangkut pasukan atau membawa senapan mesin, pelontar granat, dan peluncur roket anti-tank MILAN.

Pasukan Chad bukan yang terakhir mengandalkan Toyota Hilux sebagai kendaraan tempur.

Menurut Newsweek dalam laporannya tahun 2010, Toyota Hilux merupakan mobil favorit yang dipakai kaum pemberontak di berbagai lokasi konflik di negara dunia ketiga.

Gerilyawan di Afghanistan, Nikaragua, Ethiopia, Rwanda, Liberia, dan Irak menjadikan Toyota Hilux sebagai mobil tempur andalan.

 

(BACA JUGA: Ini Dia Beberapa Fakta Soal Header Mesin 4-Silinder)

Bahkan dalam laporan The New York Times tahun 2009 disebutkan bahwa Toyota Hilux merupakan mobil pilihan para perompak Somalia untuk mobilitas sehari-hari.

Toyota Hilux juga terlihat dijadikan kendaraan andalan kelompok teroris ISIS dalam pertempuran atau video propaganda mereka, seperti ditulis oleh Business Insider Singapore tahun 2015 lalu.

Menurut ABC News, hal ini sampai membuat pejabat AS bertanya kenapa teroris ISIS bisa memakai banyak sekali Toyota Hilux.

Namun, tidak hanya gerilyawan, perompak, dan teroris yang mengandalkan Toyota Hilux.

Dikutip dari military-today.com, prajurit Amerika Serikat (AS) yang bertugas di Afghanistan juga kerap terlihat memakai Toyota Tacoma (Toyota Hilux versi AS) sebagai mobil operasional mereka.

 

(BACA JUGA: Suzuki Jimny Resmi Mulai Dijual di Luar Jepang Mulai 1 November 2018)

Uniknya, menurut thetruthaboutcars.com, Toyota Hilux yang dipakai tentara AS di Afghanistan ini tampilannya sengaja dibuat standar.

Padahal Toyota Hilux ini sasis dan suspensinya sudah diperkuat, dibuat tahan peluru, dan dilengkapi teknologi infra merah, komunikasi, dan peralatan pengintaian.

Mobilitas tinggi, daya tahan, perawatan mudah, dan kemampuannya menaklukkan berbagai kondisi jalan tampaknya menjadi alasan banyak dipakainya Toyota Hilux di berbagai medan pertempuran di negara dunia ketiga, baik oleh militer maupun paramiliter.

 

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X