Modifikasi Jip, Jeep CJ-7 Berwajah TJ Tunggangan Sang Jenderal

Nabiel Giebran El Rizani - Sabtu, 4 Mei 2019 | 10:15 WIB
Jeep CJ-7 berwajah TJ
Jeep CJ-7 berwajah TJ

Jip.co.id - Dari sebuah tuntutan pekerjaan, kemudian memberikan cabang baru dalam hobi Putranto, yaitu mencintai kendaraan 4x4 dan aktifitas off-road.

Sebenarnya hobi otomotif dan main tanah bukan hal baru baginya. “Sejak muda saya sudah suka dengan adventure trail, dan kalau ada waktu senggang pasti pergi off-road pakai motor trail,” ucapnya.

Mesin pun sudah putuskan menggunakan diesel
Mesin pun sudah putuskan menggunakan diesel
Awalnya Putranto hanya mendukung aktifitas off-road, dengan mengadakan beberapa kali event off-road di lokasi PMPP yang memiliki jalur off-road. Rupanya melihat aksi peserta dengan kendaraan off-road memancing antusiasnya untuk memiliki sebuah kendaraan off-road.

(Baca Juga : Modifikasi Jip, Restorasi AMC Jeep CJ-7 1981 yang Mengharu Biru)

Pilihan Putranto pun jatuh pada kendaraan 4x4 merek Jeep. Kebetulan ada salah satu Jeep CJ-7 dengan kondisi bahan, toh, nantinya hanya sasis dan bodi saja yang dipakai. “Karena gardan dan mesin bawaan CJ-7 akan dipensiunkan, diganti dengan yang durabilitasnya lebih baik,” ucapnya.

Gardan CJ berwajah TJ ini diganti milik Cherokee
Gardan CJ berwajah TJ ini diganti milik Cherokee
“Konsepnya saya kepingin kendaraan off-road yang bisa dipakai pada dua jenis karakter off-road, pastinya harus tangguh di trek ekstrim, namun tetap mumpuni dipakai kencang,” jelasnya. Untuk mewujudkan keinginannya, Putranto mengirim ke bengkel Fahru di Bandung, lantaran sudah percaya dengan hasil karyanya.

Mesin pun sudah putuskan menggunakan diesel, beliau pun sepakat dengan ketangguhan mesin jenis ini, karena sudah teruji di berbagai jenis kegiatan off-road adventure.

Pelek menggunakan Beadlock Custom dibalut ban Simex Extreme Trekker
Pelek menggunakan Beadlock Custom dibalut ban Simex Extreme Trekker
“Diesel adalah mesin tangguh, bahkan untuk kendaraan standar militer, mesin jenis ini tetap jadi andalan,” jelasnya. Maka, dipilihlah mesin 4JB1-T milik Isuzu, walaupun konsekuensi meninggalkan karakter bengis mesin CJ.

(Baca Juga : Cartech Berhasil Rombak Jeep Wrangler Rubicon Tampil Lebih Garang)

Agar lebih tahan disiksa, gardan CJ berwajah TJ ini diganti milik Cherokee. As roda bawaan pun sudah dipensiunkan, gantinya as roda Yukon berbahan chromoly. Biar lebih handal melibas segala jenis karakter trek off-road, locker Yukon turut dipasangkan pada gardan depan dan belakang.

Bagian interior tidak terlaku banyak berubah
Bagian interior tidak terlaku banyak berubah
“Saya mau kendaraan saya tetap mantap saat dipakai kencang, untuk itu suspensi dipilih yang cukup baik,” terang Putranto. Dipesanlah dua jenis shockbreaker dari King. Untuk menanggung beban dipakai King coil over shock 10” dengan dual rate spring, sedangkan untuk meredam bantingan dipilih King 3 Tube Bypass 10”.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X