Jeep CJ-7, Sang Trendsetter 4x4 Sebagai Sebuah Kendaraan Lifestyle

Nabiel Giebran El Rizani - Sabtu, 15 Juni 2019 | 10:15 WIB
Jeep CJ-7 1981
Jeep CJ-7 1981

Jip.co.id - Jeep adalah pelopor popularitas kendaraan 4x4, tidak ada yang meragukan itu.

Tapi, diantara semua model Jeep yang ada, CJ-7 yang pertama kali menunjukkan betapa fashionable sebuah jip 4x4.

Sebagai keluarga Civilian Jeep, yang merupakan turunan dari jip militer, penampilan CJ-7 memang menarik perhatian.

Ketika populer di Amerika era 1970an akhir hingga pertengahan 1980an, penampilan CJ-7 sungguh bervariasi. Dengan hardtop putih atau senada bodi, softop, hingga tanpa atap hanya bermodal rollbar, CJ-7 selalu memancing perhatian. Warna-warnanya pun tak lagi berbau militer alias monoton.

Jangan heran pula, di eranya beredar, tak sedikit film Amerika yang memanfaatkan CJ-7 sebagai kendaraan tokohnya.

(Baca Juga: Modifikasi Jip, Jeep Wrangler JL Ini Berhasil Dibuat Jadi Lebih Gagah)

Jeep CJ-7
Jeep CJ-7
Kombinasi tampilan gagah, popularitas dan kemampuan off-road, jadilah CJ-7 sebagai salah satu kendaraan pilihan kaum muda ataupun penggiat petualangan. Baik sebagai kendaraan harian, maupun untuk rekreasi. Maklum, di era tersebut belum ada krisis bahan bakar.

Sesuai namanya, Jeep CJ-7 adalah generasi ketujuh dari Civilian Jeep, yang dimulai dari CJ-1 hingga CJ-10 (gak ada CJ-9). Produksinya dimulai dari 1976 hingga 1986, sebelum masuk ke era YJ, TJ, hingga JK yang saat ini populer sebagai kanvas modifikasi penggemar 4x4.

Dibanding pendahulunya, CJ-7 paling mirip dengan CJ5. Namun wheelbase CJ-7 lebih panjang sekitar 10 inci atau 25 cm. Ditambah penyempurnaan pada sasis, alhasil membuat handling serta kenyamanannya jauh lebih baik dibanding pendahulunya. Malah, hingga kini, CJ-7 kerap dinilai sebagai salah satu Jeep dengan handling terbaik di jalan raya.

Sebagai kendaraan off-road, tentu CJ-7 dilengkapi sistem 4x4 mumpuni. Sebagai standar di negaranya (Amerika) ada opsi sistem all-wheel drive otomatis Quadra-Trac, dan tentu saja sistem 4x4 part time dengan transfercase yang populer di Tanah Air.

Lantaran tenar, Chrysler pun memanfaatkan kesempatan untuk mengeksploitasi CJ-7 dengan membuat beragam varian special efition dan opsi, sepanjang 11 tahun umur produksinya di Amerika.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X