Tips Rawat SUV, Jangan Lakukan Hal Ini Saat Radiator Overheat

Nabiel Giebran El Rizani - Kamis, 18 Juli 2019 | 07:30 WIB
Ilustrasi mesin mobil mengalami overheat
Ilustrasi mesin mobil mengalami overheat

Jip.co.id - Untuk mendinginkan panas pada mesin agar tidak terjadi panas yang berlebih atau overheat adalah peran radiator.

Terjadinya overheat pada mesin biasa terjadi apa lagi untuk mobil yang sering melakukan perjalanan jauh serta jarang melakukan perawatan bilang Tri Haryanto, Mekanik Autozone Solo Baru.

"Jika mobil kalian mengalami overheat radiator jangan langsung buka tutup radiatornya bisa berbahaya karena air akan keluar," ujar Tri Haryanto.

Haryanto menyarankan agar memarkirkan kendaraan terlebih dahulu jika mesin sudah overheat dan langsung matikan mesin.

(Baca Juga: Tips Rawat SUV, Agar Awet Wajib Pakai Ban Dengan Tekanan Angin Tepat)

Buka kap mesin jika kendaraan sudah berada di tepi jalan, namun jangan membuka tutup radiator terlebih dahulu, pastikan suhu radiator sudah dingin baru di buka.

"Jika sudah overheat dan sampai keluar asap mendingan segera menepi dan berhenti untuk istirahat dan lakukan pemeriksaan komponen radiator jika suhu sudah dingin," lanjutnya.

Namun jika kalian tidak bisa menganalisis kerusakan, lebih baik menghubungi bengkel untuk dilakukan penanganan.

"Faktor yang menyebabkan radiator menjadi overheat adalah kerusakan pada radiator, thermostat tidak berfungsi, kipas pendingin mati dan beberapa faktor lainya," kata Tri Haryanto.

(Baca Juga: Tips Rawat SUV, Deteksi Kerusakan Mesin Mobil Anda dari Suara )

Untuk mengatasi jika radiator sudah overheat bisa melakukan pengecekan komponen-komponen tersebut dan bisa menggantinya jika sudah rusak.

"Hal yang akan terjadi jika radiator overheat tapi masih dipaksakan adalah overheat pada mesin," pungkas Tri Haryanto, Mekanik Autozone.

Nah lebih aman lakukan perawatan berkala Sob, dan selalu kontrol cairan cadangan radiator.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X