Berminat Untuk Membeli Mercedes-Benz G-Class? Coba Perhatikan Hal Ini

Nabiel Giebran El Rizani - Senin, 7 Oktober 2019 | 20:30 WIB
Mercedes-Benz G-Class
Mercedes-Benz G-Class

Jip.co.id - Siapa pun pasti mengenali sosok jip bongsor buatan Jerman dengan desain boxy-nya yang sudah bertahan hingga puluhan dekade.

Begitu timeless. Betul, dialah sang Gelandewagen atau Mercedes-Benz G-Class. Kualitas serta desainnya sebagai sebuah jip offroad dan kendaraan militer sudah teruji di berbagai belahan negara, termasuk Indonesia.

Tak heran jika G-Class kerap menjadi buruan para jip enthusiast, kolektor hingga para penggemar fanatiknya.

Selain itu, populasinya yang kini sangat terbatas, membuat nilainya semakin melambung tinggi. Maka dari itu, berburu G-Class bisa sangat tricky. Karena bagaimanapun juga, ketangguhannya akan termakan usia.

(Baca Juga: Modifikasi Jip, Mercedes-Benz G-Class Ini Siap Diajak Off-Road)

Namun jangan khawatir, kali ini kami akan memberikan panduan dalam membeli dan memilih G-Class.

Silahkan ikuti tips yang akan kami berikan, untuk pengecekan kondisinya agar tidak salah beli. Monggo!

  1. Perhatikan interior

Interior orisinal menurut Pardi adalah keharusan, karena parts interior susah mencarinya dan mahal harganya. Misalnya saja jok asli, harganya bisa mencapai Rp 20 jutaan/piece untuk jok bagian tengah. Kalau jok bagian belakang Rp 5 jutaan/piece dan depan Rp 10 jutaan/piece. Untuk model short wheelbase, jok belakang Rp 25 jutaan/piece. Bahan kain motif kotak-kotak Rp 1,2 juta/meter dan perlu 12 meter untuk semua jok! 

  1. Bodi

Aksesoris bodi harus lengkap! Seperti list bodi, bumper, over fender, spion asli, dan lainnya jangan sampai ada yang hilang. Mau tahu contoh harganya? List bodi harganya Rp 15 juta/set untuk short dan long Rp 20 jutaan orisinal. Tuh!

  1. Mesin

Pengecekan mesin sama seperti mobil umum, jangan sampai ada yang meler atau overheat dan juga dengarkan jangan sampai ada suara aneh di mesin. Untuk tipe mesin, varian 280GE dan 300GE paling jadi favorit karena bandel. 

(Baca Juga: Modifikasi Jip, Tenaga Mercedes-Benz G-Class Ini Bukan Kaleng-Kaleng)

  1. Transmisi matik

Kalau yang Anda taksir bertransmisi matik, cek kondisi matiknya terlebih dulu. Perpindahan gear harus mulus dan tidak ada hentakan atau getaran, lalu cek juga jangan sampai ada kebocoran.

  1. Elektrikal

Elektrikal ini yang paling banyak dirubah, sebisa mungkin cari yang masih orisinal. Agar lebih yakin, ajak orang yang paham soal elektrikal ‘Jip Mercy’. Yang paling gampang jangan sampai terlihat kabel yang berantakan di ruang mesin atau bawah dasbor.

  1. Kaki-Kaki

Pengecekan kaki-kaki sama seperti mobil umum, jangan sampai ada bunyi-bunyian. 

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X