Pasti Belum Banyak yang Tahu? Ini Waktu yang Tepat Untuk Isi BBM

Nabiel Giebran El Rizani - Selasa, 8 Oktober 2019 | 16:30 WIB
Ilustrasi mengisi BBM
Rizky / GridOto.com
Ilustrasi mengisi BBM

Jip.co.id - Apabila Anda beranggapan mengisi bbm kapanpun memberi hasil serupa, bisa jadi Anda akan terkejut mendengar fakta ini.

Kenyataannya, mengisi bbm di waktu berbeda akan memberi pengaruh tak sama. Seperti cairan lain, bahan bakar memiliki sifat bisa menguap. Tapi karena kebutuhan untuk pembakaran, bbm memiliki kecenderungan sangat mudah menguap.

Dan meski bentuk uap baik untuk pembakaran, kondisi ini bisa merugikan saat kita mengisi bahan bakar di SPBU. Bila pengisian bbm dilakukan pada siang terik bersuhu tinggi, maka tingkat penguapan sangat tinggi.

(Baca Juga: Tips Rawat SUV, Ini Masalah yang Bisa Dialami Pompa Oli Mesin)

Efeknya bbm cair yang masuk ke tangki bisa lebih sedikit dibandingkan yang tertera di alat ukur SPBU. Makanya, saat paling efisien untuk mengisi bbm adalah larut malam. Menurut sejumlah ahli, suhu terendah adalah pukul 02.30.

Atau misalnya tak bisa saat larut malam, mengisi bbm di pagi hari juga lebih baik ketimbang siang. Selain itu, pengisian di jam sepi membuat intrusi debu ke dalam tangki semakin sedikit.

Meminta petugas menyetel kecepatan semburan nosel di posisi rendah juga cukup membantu. Walaupun pengisian lebih lama, namun penguapannya lebih rendah ketimbang menyetel posisi semburan di kecepatan tinggi.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X