Modifikasi Jip, Jeep Willys CJ 3A Mobil Impian Masa Kecil

Nabiel Giebran El Rizani - Minggu, 13 Oktober 2019 | 10:10 WIB
Modifikasi Jeep Willys CJ 3A
Modifikasi Jeep Willys CJ 3A

Jip.co.id - Berawal dari  ketertarikannya pada kendaraan tempur yang keampuhannya sudah teruji di medan peperangan, Umar Aryo Seno lantas menebus dan membangun Jeep Willys CJ 3A.

“Sejak kecil saya tertarik dengan mobil ini, tampilannya sederhana namun tangguh,” papar Aryo, sapaan akrabnya.

Untuk mewujudkan impian masa kecilnya, ia mengajak para sahabatnya, Bli Tut, Ryo dan Purwo untuk membangun kembali tunggangan, yang kala itu diluncurkan untuk masyarakat sipil setelah berakhirnya World War 2.

“Sengaja saya membuatnya menjadi versi Police, karena memang sejalan dengan profesi yang saya jalani.” ujarnya. Dan jika ditilik ke belakang, menurut beberapa sumber, memang Willys sempat menjadi mobil dinas buat Kepolisian Indonesia.

(Baca Juga: Modifikasi Jip, Jeep Wrangler Rubicon Ini Berhasil Jadi Cakep Maksimal)

Bagian mesin Jeep Willys CJ 3A
Bagian mesin Jeep Willys CJ 3A
Setelah berembuk dengan para sahabat, ditariklah sang Willys ke Pakde Bei Budiono, yang bermarkas di kawasan Serpong. Ritual restorasi pun dijalankan. Cat bawaan dikelupas hingga menyisakan pelat, pun dengan bagian sasis, per, hingga gardan. Setelah itu hampir seluruh bagian dilabur cat Stone Gray lansiran Danagloss, seperti layaknya warna khas kendaraan operasional Kepolisian.

Identitas CJ 3A ini masih terbilang komplet. Peneng serial number maupun nomor body masih berada di posisi awalnya setelah lebih dari 60 tahun peredarannya.

Di sektor mesin, ‘jantung’ Go Devil pun kembali diremajakan, bersyukur Aryo mendapatkannya dengan kondisi mesin yang terbilang baik. Hanya dibutuhkan sedikit ‘sentuhan kecil’ untuk  membuat performanya kembali prima.

Bagian kaki-kaki Jeep Willys CJ 3A
Bagian kaki-kaki Jeep Willys CJ 3A
Kelar urusan restorasi, saatnya beralih ke arah detail. Tulisan maupun logo yang sengaja didesain dan dicat putih untuk memperkuat identitasnya sebagai kendaraan tempur Police version. Alih-alih seperti nomor seri, di bagian kanan dan kiri sisi kap mesin tertera inisial 2 orang putranya yaitu Muhammad Arjuna dan Muhammad Aryasatya, berikut dengan tanggal lahirnya.

(Baca Juga: Modifikasi Jip, Jeep Cherokee Sang Pelengkap Hobi Outdoor)

Kanvas sengaja didesain  custom,  guna menyesuaikan dengan kondisi cuaca saat ini yang makin tidak menentu. Sekop dan kapak juga turut melengkapi di sisi kanan kendaraan. Rantai sebagai pembatas pintu serta antena di belakang juga tidak ketinggalan.

Tampilan belakang
Tampilan belakang
“Satu yang sedikit mengganjal adalah ban, karena jujur saja untuk mendapatkan ukuran maupun tipenya, sulit sekali. Namun begitu saya puas dengan hasil restorasinya. Dan dukungan dari para sahabat semakin memudahkan prosesnya,” paparnya.

Setidaknya impian masa kecil sudah terwujud….

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X