Modifikasi Jip, Jeep YJ Berhasil Tampil Lebih Keren Dengan Gaya Klimis

Nabiel Giebran El Rizani - Selasa, 22 Oktober 2019 | 18:50 WIB
Jeep YJ 1995 bergaya sleeper
Jeep YJ 1995 bergaya sleeper

Jip.co.id - Yup, Semarang Sleeper…kalimat pertama yang terlintas di kepala ketika pertama melihat Jeep YJ klimis milik Mr. PS, inisial dari empunya yang enggan dituliskan nama aslinya, saat janjian untuk pemotretan di Semarang, Jawa Tengah beberapa waktu lalu.

Sekilas melihat penampilan Jeep Wrangler YJ keluaran tahun 1995 berkelir putih ini, pasti tidak bakalan ada yang menyangka kalau mesin 4.0L bawaan pabriknya sudah dilengserkan, dan tergantikan oleh monster V8 LS3 6200 cc.

“Awalnya mesin LS1 sudah terpasang, pada saat pengerjaan baru sekitar 50%, saya memutuskan memasang LS3 saja, kebetulan di ProRock ada unitnya kondisi baru gress,” cerita Mr. PS.

(Baca Juga: Modifikasi Jip, Jeep Willys CJ 3A Mobil Impian Masa Kecil)

Mesin V8 yang sama dengan kepunyaan Chevrolet Corvette Z06 ini akan segera tergantikan dengan mesin LSA Supercharger
Mesin V8 yang sama dengan kepunyaan Chevrolet Corvette Z06 ini akan segera tergantikan dengan mesin LSA Supercharger
Tampilan luar masih terlihat layaknya YJ standar keluaran pabrik, hanya pelek comotan dari Cherokee 2001 saja yang menjadi pembeda.

Jika diperhatikan lebih seksama lagi, sepasang tail muffler Borla di sisi kanan dan kiri bagian buritan bisa menjadi jawaban bahwa emblem yang bertuliskan LS3 6.2L V8 bukan sekadar aksesori tempelan.

Pastinya penasaran juga dengan performa YJ yang konon alasan engine swap ke LS3, karena sang pemilik kerap nonton video Jeep bermesin V8 di YouTube ini, kami pun bergegas menuju seputaran kota lama Semarang di daerah Tanjung Mas untuk mencari lokasi pemotretan, dan saya memutuskan untuk menumpang Jeep yang tenaganya sudah melonjak hingga 430 dk itu.

Sesaat setelah kunci kontak diputar, deruman suara yang keluar dari ujung knalpot juga masih sopan, mirip dengan mesin AMC 242 4.0L bawaan aslinya dengan exhaust system Borla. “Hmmm…masih rasa YJ,” dalam hati saya.

Tidak ada yang berubah di sektor suspensi, gardan depan belakang juga masih mengandalkan Dana 30 aslinya
Tidak ada yang berubah di sektor suspensi, gardan depan belakang juga masih mengandalkan Dana 30 aslinya
Siang itu matahari sedang lucu-lucunya, bahkan hembusan AC tidak sanggup melawan hawa panas yang menembus soft-top.

Namun tetap tidak bisa mengalahkan rasa penasaran saya, sampai akhirnya ruas jalanan kosong terlihat di depan.

(Baca Juga: Modifikasi Jip, Jeep Wrangler Rubicon Ini Berhasil Jadi Cakep Maksimal)

Bagian interior
Bagian interior
Tanpa menunggu aba-aba, pedal gas hanya diinjak sedikit oleh Mr. PS, seketika itu juga raungan khas mesin V8 terdengar menggelegar, dan kepala serta punggung saya semakin melesak seperti terhisap oleh jok… “Okee, tenaganya edan…”.

Bagian belakang
Bagian belakang
Performa mesin yang berlipat dibanding keluaran pabrik tanpa terlihat mencolok sukses dihadirkan oleh Widodo Teguh untuk Jeep YJ klimis sleeper ini, dan kabar terakhir saat tulisan ini dibuat, sang YJ sleeper Semarang sedang berada di workshop ProRock Engineering, “LS3nya lagi diturunin nih, mau ganti mesin lagi,” ujar Widodo sambil mengirimkan foto ruang mesin YJ sleeper berisikan mesin LSA 6.2L supercharger kepunyaan Chevrolet Camaro ZL1. Ruuarrr biasaaa…

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X