Modifikasi Jeep Wrangler JK Ini Hasil Penggabungan Dua Jip Legendaris

Nabiel Giebran El Rizani - Senin, 28 Oktober 2019 | 19:15 WIB
Jeep Wrangler JK Sport 2012
Jeep Wrangler JK Sport 2012

Jip.co.id - Satu kata sakti yang menjadi faktor utama memilih kendaraan, yaitu kenyamanan. Yaps, itu menjadi alasan paling dasar oleh sang pemilik.

Kendaraan yang ditungganginya dirasa belum masuk kriteria demi memenuhi kesenangannya, apalagi kalau bukan offroad. "Pada intinya sang pemilik ingin kendaraan off-road yang nyaman," sambut Wahyu Lamban sang builder.

"Saya ingin kendaraan off-road untuk ekspedisi long trip dan eksplorasi tempat-tempat terpencil di Indonesia. Saat ini belum nemu yang pas, sampai akhirnya punya yang satu ini,” tegas Gandung G.S, sang pemilik. Hal tersebut juga diakui oleh Wahyu Lamban yang menampung keinginan sang pemilik.

Dapur pacu JK Cruiser ini awalnya tipe 1HZ, namun akan diupgrade dengan part dari 1HDT-FE
Dapur pacu JK Cruiser ini awalnya tipe 1HZ, namun akan diupgrade dengan part dari 1HDT-FE
Pemilik memang menjadi salah satu pengurus JK One. Berbagai cara sudah dia tempuh demi memodifikasi kendaraan sesuai keinginannya, namun tak jua dirasa pas.

"JK sudah saya modifikasi, tetapi belum merasa nyaman," imbuh Pak Gandung. Setelah melalui diskusi panjang dengan sang builder, dari konsep menjadi sebuah ide JK Cruiser. Dua karakter kendaraan Jeep dan Land Cruiser VX80 yang jauh berbeda ini, akhirnya dipadukan menjadi sebuah kendaraan yang dirasa nyaman oleh Pak Gandung.

(Baca Juga: Modifikasi Jip, Jeep YJ Berhasil Tampil Lebih Keren Dengan Gaya Klimis)

Dengan ide tersebut, banyak pertimbangan dalam hal memodifikasi kendaraannya. "Titik berat pertama, jipnya harus dengan bodi Rubicon karena penginnya Rubicon. Yang kedua harus nyaman dari sisi ergonomi pengemudi, kita putuskan memilih Land Cruiser", cetus Wahyu Lamban.

Sokbreker menggunakan King shock Bypass 3 tube
Sokbreker menggunakan King shock Bypass 3 tube
Mengingat JK Cruiser nantinya akan digunakan ke daerah terpencil di Indonesia, ketersediaan spare part harus mudah. "Akhirnya muncul ide hybrid kendaraan dengan basic VX80, tapi kita pasang bodi Wrangler JK," imbuhnya.

Boleh dibilang ide ini cukup gila untuk direalisasikan, umumnya para pecinta offroad cukup dengan swap engine dan upgrade kaki-kaki. Tidak ada perubahan geometri sasis, posisi mesin, girboks, gardan semuanya standar VX80.

Geometri sasis tetap dipertahankan supaya kemampuan offroad bisa sebaik VX80. Dengan ramuan mujarab ala Wahyu Lamban, bodi JK berhasil dikawinkan dengan VX80 tanpa mengubah sedikit pun bodinya. Kenyamanan pengemudi dan penumpang pun masih terjaga.

Bagian interior
Bagian interior
"Akhirnya kita pasanglah, tidak ada kendala yang berarti. Paling susah dan rumit adalah electrical systemnya, menghidupkan panel-panel yang ada di dashboard Wrangler JK supaya semua berfungsi dengan semestinya," ujar Lamban.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa