Lagi Tren, Off-Road Ala Ekspedisi Di Kalangan Penghobi RC Adventure

Bimo SS - Jumat, 5 Juni 2020 | 09:15 WIB
RC Adventure Off-Road
Robert Glory
RC Adventure Off-Road

Jip.co.id - Hobi Radio Control (RC) makin hari semakin berkembang. Sudah tidak hanya di monopoli oleh anak-anak saja, tapi sudah merambah hingga orang dewasa.

Salah satunya RC off-road, awalnya hanya untuk sekedar bermain di halaman rumah, namun kini sudah berkembang hingga muncul kompetisi off-road time trial hingga trailing ala off-road sungguhan.

Bermodalkan RC off-road berskala 1/10, dan dilengkapi dengan perangkat recovery yang komplit semisal winch, ground anchor, sand ladder, dan sebagainya, RC scale adventure ini juga semakin mendekati bentuk dari mobil off-road ekspedisi sungguhan.

Bahkan tidak sedikit event RC adventure ala ekspedisi yang sudah bergulir di tanah air. Seperti contoh Java Adventure Xtreme (JAX), acara tahunan yang dipelopori oleh komunitas RC Adventure JABAR dengan bercirikan warna hijau menyala untuk semua RC pesertanya.

Komunitas RC Adventure JABODTABEK juga tidak mau ketinggalan dengan kerap kali mengadakan event RC off-road ala ekspedisi ini.

Baca Juga: Kelebihan Dan Kelemahan Daihatsu Taruna, SUV Andalan Keluarga

Yang paling unik adalah cara bermain RC scale adventure ini. Bukan hanya sekedar memainkan jari di remote control untuk maju-mundur atau belok kanan-kiri saja, ketika terjebak handicap semisal lumpur, tanjakan terjal, turunan tajam, atau saat kondisi terguling, pemain RC tidak diperbolehkan evakuasi menggunakan anggota badan, semisal mengangkat RC dengan tangan.

Pemain pun wajib menggunakan alat recovery yang ada di RC itu sendiri, semisal menggunakan winch untuk melewati jalur lumpur, atau menolong rekan lain yang sedang terguling dengan cara ditarik winch.

Bahkan durasi dan jarak pun bisa dibilang tidak sebentar dan tidak dekat. JIP kerap beberapa kali ikut serta dalam event RC off-road ala ekspedisi ini dan merasakan pengalaman start pukul 9 pagi dan baru finish pukul 6 sore. Untuk jarak, rata-rata penyelenggara memberi patokan dari durasi pada saat berjalan kaki.

Rata-rata trek yang dilalui untuk event seperti ini membutuhkan waktu 1 jam berjalan kaki, namun lain cerita jika melintasi rute dengan memainkan RC dan antrian peserta yang tidak pernah kurang dari 60 peserta. Seru!

RC Adventure Off-Road
Robert Glory
RC Adventure Off-Road

RC Adventure Off-Road
Robert Glory
RC Adventure Off-Road

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa