Dengan Beberapa Trik, Ternyata Suzuki Jimny Bisa Diajak Berenang!

Bimo SS - Jumat, 26 Juni 2020 | 15:26 WIB
waterproofing suzuki jimny
waterproofing suzuki jimny

Jip.co.id - Ternyata Jimny handal untuk melibas genangan air ataupun dipakai off-road yang banyak jalur air nya.

Dalam kondisi standar, baik dari LJ80, SJ410 ataupun SJ413 memiliki kehandalan yang baik untuk menyeberangi genangan air sampai kedalaman cukup ektrem untuk ukuran standar sebuah kendaraan.

Genangan air hampir setinggi rongga ban masih bisa dilewatinya dengan aman tanpa harus ada alat bantu ataupun modifikasi. Mungkin untuk kendaraan lain kondisi seperti ini susah ditemui atau malah mustahil terjadi.

Salah satu rahasia keberhasilan Jimny ada pada konstruksi mesinnya. Di mana letak distributor Jimny berada di atas, menyatu dengan silinder headnya. Sehingga pusat pengapian jimny ini jauh dari terjangan air.

Selain itu konstruksi saluran hisap yang menghadap ke arah spatbor, membuatnya lebih aman dari air yang kemungkinan akan terhisap.

Baca Juga: Ini Akibatnya Jika Sepelekan Oli Mesin Rembes

Namun perlu diingat, Jimny adalah sebuah mobil, bukanlah sebuah perahu ataupun kapal. Dengan segala kelebihan akan kemampuannya menerjang air, Jimny tetaplah sebuah kendaraan darat dengan berbagai kerentanan terhadap air. Berbicara tentang kemampuan ‘berenang’ tentu tidak hanya berbincang tentang mengenai piranti semata, namun juga termasuk di dalamnya faktor preventif, habit dan bagian-bagian mana yang harus diberi intensif supaya jip ini bisa bertahan saat melintasi air.

“Kita harus paham apa yang kita lakukan dan bagian mana saja yang harus kita perhatikan untuk membuat Jimny waterproof,” ujar Yusuf Ramadhan dari D2 Depok. Apa dan bagaimana waterproofing tersebut? Yuk kita simak bareng-bareng

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa