Tie Rod Custom Untuk Suzuki Jimny Supaya Lebih Kuat & Lebih Hemat

Bimo SS - Selasa, 30 Juni 2020 | 20:25 WIB
tie rod suzuki jimny
tie rod suzuki jimny

Jip.co.id - Membahas tentang Suzuki Jimny, ternyata jip mungil ini hanya dibekali dengan tie-rod permanen yang tidak bisa disetel.

Selain itu, unit yang menjadi bagian dari mekanisme setir ini apabila rusak harus dilakukan pengantian menyeluruh termasuk mengganti batang long tie-rod nya.

tie rod suzuki jimny
tie rod suzuki jimny

“Jika dihitung-hitung harga satu unit mekanisme stir Jimny ini lumayan mahal, sebab harus mengganti keseluruhan termasuk long tie-rodnya,” terang Edi Purnama dari bengkel Mega Citra.

“Ada solusi dengan memanfaatkan Tie-rod Toyota Land Cruiser FJ Series sebagai pengantinya,”

Baca Juga: Cara Untuk Cek Ban SUV Atau Jip Anda Sudah Gundul Belum

tie rod suzuki jimny
tie rod suzuki jimny

Untuk awalnya. Tie-rod dan long tie-rod milik Jimny otomatis tidak bisa dipakai lagi, hal ini berarti memerlukan pengantian total baik tie-rod maupun bagian komponen mekanis stir.

tie rod suzuki jimny
tie rod suzuki jimny

“Untuk biaya merubah perangkat kemudi Jimny memakai parts Toyota Land Cruiser ini awalnya memang terasa lebih mahal, namun bila dicermati untuk beberapa waktu ke depan akan lebih menguntungkan, logikanya, tie-rod ini dirancang untuk Toyota yang notabene lebih berat dibanding Jimny, sehingga akan lebih tahan lama jika dipasangkan pada Jimny”.

Bahan long tie rod pun bisa memilih, Misal menggunakan long tie-rod bekas milik Land Cruiser FJ40 atau pipa diganti dengan jenis seamless, bisa juga menggunakan batang hexagonal.

tie rod suzuki jimny
tie rod suzuki jimny

Perlu diingat, untuk memilih pipa sebaiknya mengunakan pipa yang berdiameter sama atau lebih besar dengan ketebalan seperti bawaan asli Land Cruiser atau pun lebih tebal.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa