Tips Memilih As Roda Depan Copotan Atau Bekas Supaya Tidak Salah Pilih

Bimo SS - Jumat, 3 Juli 2020 | 08:30 WIB
as roda depan
as roda depan

JIP.co.id - Beberapa trik membeli as roda bekas bagian depan. Tentunya ini untuk kendaraan yang memiliki penggerak 4x4.

Dalam beberapa kasus terutama pada kendaraan kompetisi, as roda depan jadi bagian paling rawan patah. Sebab selain menanggung beban mesin juga menahan daya dorong (G-Force) ketika melakukan pengereman.

Pada kondisi ini beban yang mesti ditanggung as roda depan bisa 2 kali lipat. Apalagi ketika mengerem saat melaju kencang di trek off-road atau saat mendarat setelah jumping. Ada dua tipe gardan yaitu solid front axle dan independent front suspension dimana membawa konsekuensi jumlah komponen as roda.

as roda depan
as roda depan

Untuk solid axle seperti yang dimiliki Toyota FJ40, Suzuki Jimny misalnya as roda terbagi dalam 2 bagian (as roda yang panjang dan pendek).

Bagian pertama merupakan as roda yang tersambung pada sidegear (drive shaft), sedangkan lainnya merupakan as roda bagian luar yang tersambung ke arah roda (spindel shaft) alias barfield.

Honda HR-V Numpang Lewat, Mesin K24, Rangka Tulang Belulang

as roda depan
as roda depan

Sementara untuk model independent seperti pada Suzuki Vitara setidaknya as roda terbagi dalam 3 bagian. Yaitu as roda yang terkoneksi dengan sidegear, as roda yang terkoneksi dengan roda dan satu as roda lagi yang masing-masing di ujungnya terdapat knuckle. Banyak alasan yang kemudian menjadikan as roda bekas jadi pilihan.

as roda depan
as roda depan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa