Cara Dapatkan Posisi Jok Ideal Dan Safety Pada Tunggangan Off-road

Rindra Pradipta - Sabtu, 4 Juli 2020 | 20:30 WIB
Posisi ideal jok off-road
Posisi ideal jok off-road

Jip.co.id - Jok adalah salah satu perangkat penting yang ikut menunjang faktor safety bagi pengemudi. Apalagi bagi buat mereka pengemudi cepat di arena olah raga otomotif roda empat khususnya.

Keselamatan para pembalap mobil, pereli dan off-roader tak cukup hanya didukung oleh sabuk pengaman empat atau enam titik saja.

Karena tempat duduk atau jok yang dirancang khusus untuk balap atau off-road, plus pemasangan yang tepat akan meningkatkan unsur safety di dalam kabin, bila terjadi kecelakaan atau benturan keras.

Oleh karena itu, kita wajib memilih dengan baik ‘singgasana’ yang akan kita pakai di dalam mobil. Tentu harus mempertimbangkan unsur safety dan kenyamanan.

Baca Juga: Tips Memilih As Roda Depan Copotan Atau Bekas Supaya Tidak Salah Pilih

Mari kita simak tips dari Wahyu Lamban Jatmiko sebagai pelaku sekaligus builder kendaraan adventure, dan Iman Rachman sebagai pelaku sekaligus builder tunggangan speed off-road.

Posisi safety jok off-road
Posisi safety jok off-road

Fitment

Posisi duduk yang ideal juga membantu keamanan lebih baik. Saran dari Wahyu dan Abah Hari, fitment yang ideal adalah posisi tangan dan kaki pengemudi harus membentuk sudut atau menyiku.

Posisi siku tangan idealnya membentuk sudut 90 derajat saat menggenggam setir. Selain itu pemilihan jok juga harus disesuaikan dengan ukuran badan kita.

“Semua merk dan tipe jok balap punya ukuran yang berbeda. Tujuannya agar badan dapat ‘dipeluk’ dan ditopang dengan mantap di jok. Disarankan untuk menyesuaikan lebar dan tinggi jok dengan badan driver dan co-driver,” ucap Abah Iman.

Baca Juga: Modifikasi Toyota Land Cruiser FJ40, Bergaya Rock Crawler & Ekspedisi

Setelah semua fitment terpenuhi. Perhatikan juga posisi head room, saat pasang jok jangan lupa ukur posisi kepala berikut helm dari atap. "Jarak helm dari atap minimal 10 cm, paling tidak pas ukur tanpa helm harus 15 cm dari kepala," ucap Wahyu.

 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa