Saran Pilih Jok Speed Off-road dan Adventure Off-road Dari Pakarnya

Rindra Pradipta - Senin, 6 Juli 2020 | 08:40 WIB
Aksi TB.Adhi diajang speed off-road
Aksi TB.Adhi diajang speed off-road

Jip.co.id - Di kompetisi off-road, regulasi jok memang belum sedetail dan ketat sesuai regulasi safety internasional atau FIA. Sejauh ini persyaratan atau aturan tentang jok hanya sebatas pada instalasi dan jenis jok.

Pemasangan jok hanya dituntut harus permanen dan tidak disarankan menggunakan jok reclining atau standar. Regulasi IOF dan IMI belum menuntut standar keamanan yang mewajibkan pemakaian jok bersertifikasi SFI atau FIA.

“Begitu bicara balap atau hal berbau kompetisi, safety sudah tidak bisa ditawar. Makanya semua peranti yang digunakan untuk kompetisi mempunyai sertifikat khusus yang dikeluarkan oleh SFI atau FIA,” ucap Iman Rachman dari Volcano Motorsport.

“Memang standar safety untuk jok khusus off-road di Indonesia belum terlalu ketat,” tambah Iman atau akrab disapa Abah Iman.

Wahyu juga menambahkan, “Regulasi jok untuk kompetisi off-road di dalam negeri belum menjamah sertifikasi FIA dan sebagainya. Namun jok jenis bucket yang fix sudah jadi regulasi untuk kompetisi off-road," ucap Wahyu Lamban Jatmiko, off-roader sekaligus builder off-road.

Baca Juga: Suzuki Jimny Baru Dimodif Pakai 6 Roda, Keren Gak?

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa