Apa Betul Ketika Memanaskan Mobil Dapat Mempengaruhi Usia Aki?

Nabiel Giebran El Rizani - Senin, 20 Juli 2020 | 20:30 WIB
Aki mobil
Dylan Andika/GridOto.com
Aki mobil

Jip.co.id - Ketika mobil dalam keadaan mati, aki akan tetap bekerja untuk mengalirkan listrik ke beberapa bagian di mobil.

Terbatasnya daya penyimpanan listrik pada aki membuat persediaan tersebut lama-kelamaan akan habis.

Konsekuensinya, jika kendaraan didiamkan cukup lama maka persediaan listrik dalam aki akan habis, akibatnya mobil akan sulit dihidupkan (starter).

"Meski lampu kendaraan mati, radio juga tidak dihidupkan, tapi ada komponen lain yang masih butuh asupan listrik ketika kendaraan tidak digunakan, seperti jam dan alarm. Lebih parahnya lagi jika ada aliran listrik yang bocor, maka akan semakin cepat habis. Namun ketika disetrum, akan normal kembali," ujar Agustono Santoso, Promotion Manager Yuasa Battery Indonesia, beberapa waktu lalu.

Maka dari itu, pada kendaraan khususnya mobil, ada komponen yang disebut altenator yang berfungsi untuk mengisi kembali listrik ke aki untuk kendaraan roda empat, ketika kendaraan dijalankan.

Baca Juga: Habis Dipakai Off-Road, Begini Cara Bersihkan Interior Mobil

Namun, altenator juga bekerja jika gas ditekan minimal sampai 2.000 rpm pada posisi tidak dijalankan atau ketika dipanaskan.

"Maka dari itu cara memanaskan kendaraan jika tidak digunakan, yaitu tidak hanya mesin dinyalakan kemudian didiamkan, tetapi tekan gas selama 1 menit sampai dua menit pada minimal 2.000 rpm.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa