Alat Recovery yang Satu Ini Bisa Bikin Traksi Ban Bisa Balik Lagi

Bimo SS - Kamis, 13 Agustus 2020 | 10:15 WIB
sand ladder
sand ladder

JIP.co.id - Saat di trek off-road, traksi roda begitu penting. Gejala roda kehilangan traksi, imbasnya mobil bakal kepater atau stuck dalam obstacle.

Dalam kondisi ini, alat recovery off-road seperti winch berperan penting menggerakan kendaraan keluar dari obstacle, hingga mendapatkan kembali posisi traksi roda. Intinya, kendaraan yang kita gunakan harus dapat traksi agar bisa bergerak. 

Semua off-roader pasti tahu, kalau winch memang jadi senjata utama saat kita kepater. Namun, winch jadi tidak berfungsi saat kita tidak mendapatkan winching point.

Ambil contoh, saat bermain di pinggiran pantai atau padang gurun, yang memiliki keterbatasan winching point.

sand ladder
sand ladder

Baca Juga: Lihat Lagi Pertarungan Fortuner 4X4 VS Ford Escape 4WD, Siapa Memikat?

Nah, dalam kondisi tersebut, alat recovery yang bisa digunakan adalah traction ladder atau dikenal juga dengan sand ladder.

Traction ladder ini punya banyak sebutan, seperti sand ladder, sand tracks, mud ladder bridging ladder, atau bog mats. Tapi secara umum kita kenal dengan sebutan sand ladder. Fungsinya adalah mengembalikan traksi pada roda yang sudah hilang.

Saat posisi roda sudah tidak bisa menjangkau permukaan akibat sudah terlalu dalam, dan ban sudah tertahan oleh gardan atau badan mobil.

sand ladder
sand ladder

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa