Mengenal Sistem Kemudi Tubular Kompetisi Speed Off-Road Independen

Bimo SS - Kamis, 8 Oktober 2020 | 20:35 WIB
Rack Steering Independent
Rack Steering Independent

Jip.co.id - Di kalangan off-road adventure pasti sudah awam dengan system steering model full hydraulic. Salah satu sistem setir ini diproduksi oleh PSC Steering Peformance.

Steering ini powerfull untuk membelokan ban-ban besar hingga ukuran diatas 40 inci. Bentuk steering cylinder pada PSC mirip secara bentuk sistem steer rack & pinion, namun dengan dimensi yang lebih besar dan beda cara kerjanya.

Sangat cocok untuk diaplikasikan pada kaki-kaki jenis solid axle atau gardan rigid. Tinggal ditempelkan pada rumah gardan dengan dudukan yang dibuat custom. Dan mekanisme setir di gardan pun semakin simpel, tanpa perlu perangkat penunjang setir lainnya seperti pitman arm, drag link,dan long tie-rod.

Sistem setir full hydraulic ini boleh sangat kuat membelokan ban dalam berbagai kondisi jalan. Kendalanya, steering seperti lansiran PSC ini kurang presisi dengan putaran lingkar setir.

Baca Juga: Harga Toyota Land Cruiser VX80 Bekas, Masih Tinggi Meski Sudah Tua

Dimensi Howe Power Rack sangat kecil, namun powerfull dan presisi meng­gerakan roda dengan putaran setir.
Dimensi Howe Power Rack sangat kecil, namun powerfull dan presisi meng­gerakan roda dengan putaran setir.

Karena menggunakan meknisme jenis cylinder hydraulic untuk menggerakan ban. Lumayan merepotkan saat diperuntukan untuk balap off-road dengan kecepatan tinggi.

Nah, dikalangan balap speed off-road, juga punya sistem steering full hydraulic sendiri. Dengan dimensi yang lebih kecil agar bisa diaplikasikan pada kaki-kaki independent jenis A-Arm.

Menggunakan mekanisme steering jenis Rack & Pinion namun berkerja dengan sistem full hydraulic. Tentunya sistem steering ini lebih presisi dengan putaran lingkar steer dan cocok peruntukan balap off-road.

Salah satu yang membuat sistem steer ini adalah Howe Peformance Steering. Kami sempat mendapat penjelasan dari Daniel Zebedeus owner dari FADworks, untuk membahas sistem steering ini.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa