Hyundai Tucson GLS, Tantangan Berat Untuk Yakinkan SUV Ini Sangat Baik

Iday - Kamis, 12 November 2020 | 12:00 WIB
Hyundai Tucson GLS 2016
Dok.OTOMOTIF
Hyundai Tucson GLS 2016

Jip.co.id - Minimnya fitur yang dibawa untuk versi Indonesia, jadi titik tersulit untuk meyakinkan kalau sebenarnya ini adalah SUV kompak yang sangat baik.

Nah, hal ini terjadi pada All New Hyundai Tucson GLS. Untuk menjaga agar harga jualnya masih di bawah Santa Fe Sport dan Rp 400 jutaan, pemotongan fitur pun dilakukan.

Tapi hal ini memunculkan pertanyaan, untuk apakah sebenarnya membeli sebuah SUV kompak? Bila kapabilitas menjelajah SUV dan kenyamanan ala sedan yang diincar, All New Tucson sebenarnya will do just fine.

Namun bagaimana kalau fitur tetap jadi perhitungan utama? Masih ada kah kelebihan yang ditawarkan pesaing Kia Sportage ini? Simak ulasan lengkapnya.

Body Hyundai Tucson GLS 2016
Dok.OTOMOTIF
Body Hyundai Tucson GLS 2016

FITUR

Ya, ini bagian yang paling kami khawatirkan. Kunci yang digunakan bahkan seperti turun level dari Tucson sebelumnya, masih menggunakan jenis alarm terpisah seperti yang digunakan Grand Avega selama 5 tahun.

Hal ini pun berefek pada fitur auto electric folding mirror yang tidak bekerja. Lalu ada fascia tengah yang terlihat sangat polos karena tidak ada monitor head unit.

Jujur, kami suka dengan desain terintegrasi seperti ini karena loading time yang cepat, tidak terpengaruh sinar matahari dan kualitas suara yang patut diacungi jempol.

Untungnya, kamera mundur masih disematkan di spion tengah.

Interior Hyundai Tucson GLS 2016
Dok.OTOMOTIF
Interior Hyundai Tucson GLS 2016

Bagi yang penasaran, bukan, itu bukan spion tengah yang bisa menggelap sendiri bila terkena cahaya (electrochromatic).

Tombol kecil di tengahnya hanya berfungsi sebagai pengatur brightness kamera. Lalu, benarkah tidak ada fitur yang jadi poin plusnya?

Paling tidak, MID yang cukup advanced, kemudian yang unik, bila sedang hujan dan wiper depan dinyalakan, wiper belakang akan otomatis aktif ketika tuas transmisi dimasukkan ke R untuk membuat visibilitas ke belakang lebih jelas.

Setir Hyundai Tucson GLS 2016
Dok.OTOMOTIF
Setir Hyundai Tucson GLS 2016

Masih ada lagi pengatur ketinggian lampu depan, speed sensitive volume dan lubang AC untuk baris kedua.

Pada akhirnya, kekurangan fitur bukanlah hal yang kami rasakan sepanjang perjalanan.

Lebih tepatnya, minimnya fitur hanya menimbulkan kurangnya gengsi ketika sedang membandingkan dengan para pesaingnya, terutama yang dijual dengan harga lebih murah.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Iday
Sumber : Tabloid OTOMOTIF

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa