Sekelumit Kisah Tentang Sejarah Land Rover Banteng Di Indonesia

Bimo SS - Rabu, 28 Oktober 2020 | 19:15 WIB
Landy Banteng
Landy Banteng

Jip.co.id - Proyek mobil nasional, sebenarnya sudah mengemuka sejak lama. Bahkan dalam salah satu buku Repelita, mobil nasional menjadi wacana untuk diujudkan.

Tak mengherankan jika 41 tahun yang lalu, para ahli otomotif Indonesia telah bereksperimen dengan berbagai model.

Salah satunya sebuah kendaraan militer bertipe seperti Land Rover Half-Ton Military, atau yang dikenal dengan sebutan Land Rover Lightweight.

“Memang kala itu meniru model Land Rover Lightweight yang notabene punya perwajahan sangat militer,” ujar Mugi Subagia, putra penerus Subagio Sudjarwo–salah satu pencipta Land Rover Lightweight karya Indonesia ini.“Waktu itu bapak memang lagi iseng mencontoh Land Rover Half-Ton Military di bengkel. Karena sangat dekat dengan petinggi ABRI—kala itu–, bapak justru disuruh membuat satu prototipe untuk kendaraan militer Indonesia,” imbuhnya.

Baca Juga: Sensasi Memiliki Kendaraan Langka Jadi Kepuasan Tersendiri

Landy Banteng
Landy Banteng

Bahkan ketika jadi, kendaraan ini sempat dipakai oleh Jenderal Soeharto—yang saat ini menjabat Presiden Indonesia—dalam upacara HUT ABRI di Lanud Halim Perdanakusuma.

Sukses membuat prototipe, Land Rover Half-Ton Military custom yang selanjutnya diberi nama Banteng ini. ditest kemampuan tempurnya.

Lokasinya di daerah Pamengpeuk, Garut dan disaksikan langsung oleh Laksamana (Purn Anumerta) Soedomo yang waktu itu menjabat Pangkopkamtib.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa