Restorasi Toyota Land Cruiser FJ40 Yang Dibikin Persis Buku Literatur

Bimo SS - Senin, 26 April 2021 | 11:05 WIB
FJ40 restorasi
FJ40 restorasi

Jip.co.id - Merestorasi sebuah jip apalagi tahun lawas bukanlah pekerjaan yang mudah.

Tak banyak orang yang memiliki kesabaran lebih untuk mengumpulkan berbagai pernak-pernik agar jip yang direstorasi kembali tampil seperti ketika pertama kali dikeluarkan dari pabrik. Buku literatur spek aslinya jadi salah satu panduan utama.

Tak terkecuali dengan Toyota FJ40 1964 yang direstorasi oleh Johan Budi Handoyo penyuka jip Toyota asal Semarang ini. “Dapatnya di Magelang dalam kondisi sangat memprihatinkan. Sasis memang masih utuh tapi bodi dan aksesori pelengkapnya berantakan dan banyak yang hilang,” kenang pemilik bengkel Audi yang khusus menangani berbagai macam jip Toyota.

Baca Juga: Seberapa Penting Fitur Vehicle Stability Control Pada Mobil?

FJ40 restorasi

FJ40 restorasi
FJ40 restorasi

“Biarpun kendala susah mencari spartpart dan aksesori asli sudah pasti di depan mata, tapi ya di situlah seni dan kenikmatan membangun ulang jip tua,” cengir bapak 3 anak ini. Ternyata proyek restorasi ini cukup menguras energi, waktu dan tentu saja uang. Apalagi FJ40 ini termasuk species langka yang komunitasnya juga terbatas.

“Terus terang berburu parts lama itu gampang-gampang susah. Saya mencoba menjalin kontak dengan penyuka FJ40 di seluruh Indonesia termasuk juga di luar negeri,” perinci pria kelahiran 1965 ini. Satu demi satu aksesori kelengkapan FJ40 yang dikelir merah sesuai dengan warna asli saat di jamannya ini berhasil dikumpulkan.

“Parts tak harus baru tapi yang penting harus asli,” imbuhnya. Bahkan untuk sekadar mendapatkan baut asli FJ40 keluaran 1964 ini, Johan mesti rela keluar masuk kota-kota di Indonesia dan menyambangi para penjual bangkai FJ40 maupun toko onderdil lama yang masih menyimpan aksesori Toyota.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa