Kenali Karakter Ban MT Alias Mud Terrain Untuk SUV

Nabiel Giebran El Rizani - Minggu, 26 September 2021 | 16:25 WIB
Ban MT
Dipo
Ban MT

Jip.co.id - Ban mobil tidak hanya tersedia untuk jalan aspal aja, ada juga ban khusus untuk digunakan di medan off-road.

Ban tersebut ialah ban MT alias Mud Terrain, ban khusus mobil SUV yang memang dibuat berdasarkan untuk melewati medan jalan bebatuan atau tanah lumpur.

"Profil tapak ban MT memiliki pola blok kembangan ban yang cenderung mengotak dengan alur ban yang longgar dan dalam," buka Rendy Cristian Darmawan, Kepala Mekanik Bengkel Nawilis Radio Dalam.

Berbeda dengan ban mobil secara umum, alur ban dibuat sebagai jalur air saat ban melewati genangan air sehingga bisa terpecah.

Sedangkan pada ban MT, celah longgar pada alur ban dirancang untuk memberikan karakter 'menggaruk' terhadap permukaan jalan tanah atau bebatuan kasar.

Baca Juga: Pakai Ini Untuk Membersihkan Klep dan Injektor Mesin Diesel

"Celah pada alur ban menjadi penyangga untuk ban mendapatkan cengkeraman di bebatuan, juga bisa memberikan efek mendayung saat mobil melewati tanah lumpur," jelas Rendy.

Namun, ban MT memiliki konsekuensi luas kontak permukaan tapak ban terhadap permukaan jalan yang lebih kecil daripada ban jalan raya.

Dengan luas kontak yang lebih kecil, otomatis daya cengkeram tapak ban MT di permukaan jalan mulus lebih kecil.

Selain itu, konstruksi ban MT dirancang memiliki load index yang cukup berat dibandingkan dengan ban SUV jenis lain.

"Kontak tapak ban di jalan kasar berbeda dengan jalan mulus, ada beberapa titik tapak ban menerima beban yang lebih besar seperti menusuk, ban MT harus bisa menahan itu," terang Randy.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa