Bodi Mobil Off-Road Jadi Anti Remuk Pakai Tube Fender Custom

Bimo SS - Selasa, 19 Oktober 2021 | 13:30 WIB
Tube fender off-road
Tube fender off-road

Jip.co.id - Body armour atau pelindung bodi pada mobil offroad itu sangat penting. Hantaman dari objek di trek off-road seperti batu, pohon, ataupun tebing selalu lumrah terjadi.

Salah satu panel yang bisa dimanfaatkan untuk body armour adalah bagian fender.

Kebanyakan jip off-road sudah menggunakan ban yang offset keluar dari bodi cukup jauh, tak sedikit yang hampir setengah ban ada di luar bodi.

Jadi penambahan fender atau fender flare lumrah terjadi.

“Membuat tube fenders ini harus punya hitungan dan konstruksi yang benar. Karena selain bertugas jadi fender tambahan, juga untuk melindungi bodi agar tidak rusak saat membentur sesuatu,” ucap Bobby Febriansyah sang punggawa SaungOprek 4x4, di daerah Serpong, Tanggerang.

Baca Juga: Bersihkan Rem Mobil Anda Dengan Ini, Biar Makin Lancar!

Bagian depan fender pipa harus dibikin lemah, karena akan menerima impact paling kuat dari depan. Agar tak merusak bagian yang lain saat terbentur.
Bagian depan fender pipa harus dibikin lemah, karena akan menerima impact paling kuat dari depan. Agar tak merusak bagian yang lain saat terbentur.

Menurut pria yang akrab disapa Bob ini, cukup menggunakan bahan pipa seamless ukuran 1 inci.

“Sebelumnya, kita harus menentukan posisi fenders. Apakah sejajar dengan ban atau tidak lebih dari ban. Kalau tidak lebih dari ban, cukup pakai pipa ukuran 1 inci. Karena saat fenders kontak dengan pohon atau batu akan tertahan juga dengan ban,” jelas Bob.

“Jangan lupa bagian tengah fenders di reinforced ke sasis agar fender tidak melengkung, dan bagian depan tube fender kalau bisa dibuat lemah. Karena kalau semua bagian fender dibikin kokoh, saat ada benturan pasti akan merusak bagian yang lain, bahkan bisa bikin penyok bodi mobil di dekat fender. Bukannya melindungi bodi malah jadi ‘boomerang’ buat bodi,” tutup Bob.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa