AC Suzuki Jimny Lawas Bisa Jadi Adem, Begini Ramuan Mujarabnya

Bimo SS - Rabu, 20 Oktober 2021 | 13:30 WIB
AC Suzuki Jimny
AC Suzuki Jimny

Jip.co.id - Suzuki Jimny LJ80 maupun SJ410 generasi awal tidak menyertakan perangkat AC, kalau pun ada, tak lain merupakan perangkat tambahan yang dipasang di luar rakitan pabrik.

Berbeda dengan generasi Suzuki Katana, dimana perangkat AC menjadi standard kenyamanan kendaraan.

Pabrik sudah menghitung spesifikasinya sehingga AC yang terpasang pada Katana pasti optimal.

“Untuk membuat kabin Jimny dingin, sebenarnya ‘gampang-gampang susah’ karena kapasitas mesinnya hanya 1000cc,” ujar Minto dari Suto Motor, Pondok Gede. Tak jarang AC Jimny yang terpasang justru bukan spesifikasinya.

Baca Juga: Barang Ini Fungsinya Cukup Krusial Saat Off-road, Repot Kalo Gak Bawa!

AC Suzuki Jimny paling mudah memanfaatkan copotan milik Suzuki Katana
AC Suzuki Jimny paling mudah memanfaatkan copotan milik Suzuki Katana

“Perangkat AC copotan Suzuki Katana menjadi opsi yang paling ideal, namun jika tidak dapat yang original, harus menggunakan perangkat AC yang cocok untuk mesin kecil,” tambah Minto.

Untuk mesin kecil Jimny, tidak bisa memakai kompresor yang terlalu besar karena akan membebani mesin. Minto biasa mengandalkan kompresor Denso 8E bawaan Katana, atau Sanden 505.

Demikian dengan evaporatornya, bisa menggunakan milik Toyota Kijang kapsul atau Isuzu Panther dengan kode A3 yang dimensinya sama dengan bawaan Suzuki Katana.

Sementara untuk kondensor, bebas menggunakan merek apapun dengan kode 1418 ukuran 26 milimeter. Dan untuk dryer, bisa pilihan apa saja. Karena hanya berfungsi menyaring aliran freon.

Perangkat terakhir adalah fan. Bisa memakai fan dengan merk Tekuden atau milik Mercedes W202, hanya saja harganya lumayan dan suara yang dihasilkan cukup kencang.

Dan yang perlu diperhatikan, jalur pipa AC sebisa mungkin dijauhkan dari bagian mesin yang mengeluarkan panas, biasanya jalur pipa AC Suzuki Jimny terlalu dekat dengan bagian header.

Jalur instalasi AC Suzuki Jimny sebaiknya jauhkan dari sumber panas.
Jalur instalasi AC Suzuki Jimny sebaiknya jauhkan dari sumber panas.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa