Sering Dengar Istilah Gardan Tipe Floating? Ini Penjelasannya

Bimo SS - Minggu, 31 Oktober 2021 | 21:20 WIB
Gardan Full Floating
Gardan Full Floating

Jip.co.id - Pada gardan solid, dikenal dua macam tipe yakni semi floating dan full floating. Gardan full floating lazim dijumpai pada gardan depan.

Sedangkan gardan belakang kebanyakan menggunakan tipe semi floating. Tapi ada juga kendaraan yang menggunakan gardan full floating pada bagian belakang.

Secara fisik, gardan belakang full floating identik dengan hub yang menonjol seperti hal nya gardan bagian depan.

Dinamakan full floating lantaran as roda dan bearing ditempatkan di luar rumah gardan. Konstruksi tersebut tidak menyebabkan as roda terbebani oleh bobot kendaraan. Dan tugas as roda hanya memutar roda saja.

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Tentang Konstruksi Rollbar Untuk Kendaraan 4x4

Tak heran gardan full floating memiliki kemampuan menahan beban lebih kuat dibanding gardan semi floating. Pada gardan full floating, masing-masing sisi memiliki dua bearing yang terpasang pada rumah garadan dan spindle.

Keunggulan lain gardan full floating, apabila terjadi kerusakan pada as roda atau patah, tidak perlu membuka seluruh roda. Kendaraan pun masih bisa tetap berjalan.

Kelemahan gardan full floating tentu ada. Yakni konstruksinya lebih rumit, dan harganya relatif lebih mahal dibanding gardan semi floating baik kondisi baru ataupun bekas.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa