Derek Angkat Mobil Bagian Depan Atau Belakang, Ini Penjelasannya

Nabiel Giebran El Rizani - Senin, 15 November 2021 | 20:15 WIB
Derek Mobil RWD
http://kabarrakyat.co
Derek Mobil RWD

Jip.co.id - Fungsi derek mobil utamanya untuk memindahkan mobil pada saat tidak bisa dijalankan, misalkan saat terjadi mogok atau kecelakaan.

Derek yang biasa digunakan adalah derek model tarik dengan diangkat.

Jika diperhatikan lebih dalam, ada mobil yang diangkat pada bagian depan mobil dan ada juga yang diangkat pada bagian belakang mobil.

Lantas, apa bedanya? Berikut penjelasan teknisnya.

"Mobil yang diderek tarik dengan diangkat baik pada bagian depan atau belakang berkaitan dengan penggerak mobil yang diderek," buka Ade Rachmat, pemilik bengkel ARP Motor Sport. 

Baca Juga: Haduh Bikin Jatuh Cinta, Toyota Tundra Berhias Aksesori Off-road Tambah Garang

Pada bagian ban yang menjadi penggerak mobil berhubungan langsung dengan transmisi sehingga tidak boleh bersentuhan langsung dengan jalanan saat diderek.

Jika bagian ban penggerak tidak diangkat maka transmisi akan rusak, terutama transmisi otomatis.

"Saat diderek mobil posisi mesin mati, jika bagian ban penggerak mobil bergerak otomatis gearbox juga bergerak namun tidak ada sirkulasi oli transmisi karena mesin mati," jelas Ade Rachmat.

Selain faktor transmisi, faktor center of gravity juga berperan menetukan posisi bagian mobil yang diangkat saat diderek.

"Posisi mesin jika diangkat, maka titik center of gravity lebih ke bagian tengah mobil derek dan mobil yang diderek sehingga penderekan lebih stabil," tutup Ade Rachmat.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa