Pakai Ring Beadlock Custom, Tampilan Jip Off-Road Dijamin Sangar

Bimo SS - Senin, 29 November 2021 | 20:50 WIB
Beadlock Custom
Dok. JIP
Beadlock Custom

Jip.co.id - Kendaraan off-road pastinya tidak bisa lepas dari pelek tipe beadlock.

Fungsi beadlock pada pelek adalah untuk menahan posisi bibir ban pada pelek saat roda berputar keras menerima tenaga dari mesin, sehingga ban tak lepas dari pelek.

Alasannya karena off-road adventure kerap menggunakan tekanan angin rendah demi mendapat traksi lebih optimal di medan buruk dan ekstrem.

“Tentu akan mengurangi cengkeraman ban terhadap pelek. Karena itu, pelek beadlock hadir,” Wahyu Lamban Jatmiko, off-roader asal kota Yogyakarta ini.

Baca Juga: Cara yang Benar Untuk Merawat Rem Pada Mobil Matik

Beadlock custom tersedia bahan aluminium dan besi
Dok. JIP
Beadlock custom tersedia bahan aluminium dan besi

Pelek beadlock punya tambahan ring pada bibir luar pelek. Ring tersebut dikunci pakai beberapa baut yang mengelilingi bibir pelek. “Fungsinya menjaga ban agar tetap mencengkeram bibir pelek, walaupun menggunakan tekanan angin rendah,” tambah Wahyu.

Asyiknya, hampir semua pelek bisa di-custom dengan menambah ring beadlock-nya, mulai dari pelek aluminium aftermarket hingga kaleng/besi, “Kita menyediakan ring beadlock custom agar pemilik mobil memiliki pilihan selain versi aftermarket yang mahal,” ujar Wahyu.

Wahyu sudah mendesain dan fabrikasi sesuai dengan standar off road adventure. Pembuatannya sendiri dibantu teknologi laser cutting, demi mendapat kualitas pemasangan dan balance dari ring beadlock yang terjaga dan presisi.

Material ring beadlock-nya tersedia besi 4 mm dan alumunium 10 mm, yang bisa disesuaikan dengan material pelek yang akan dipasang beadlock. “Untuk alumunium ada dua pilihan, yakni kode 6065 dan 7075. Kode terakhir kualitasnya lebih baik,” tutup Wahyu.

Disain beadlock custom bisa disesuaikan dengan permintaan.
Dok. JIP
Disain beadlock custom bisa disesuaikan dengan permintaan.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa